• 12.jpg
  • 13.jpg
  • 14.jpg
  • 15.jpg
  • 16.jpg
  • 17.jpg
  • 18.jpg

Bidang Botani

Herbarium Bogoriense(BO)

Botany

Read more

Bidang Zoologi

Bidang Mikrobiologi

Informasi Kehati

Produk Puslit Biologi

 

WhatsApp Image 2020 06 25 at 08.57.04 2

Cibinong, Humas LIPI. Koleksi spesimen biota laut di Museum Zoologicum Bogoriense (MZB) Pusat Penelitian Biologi LIPI kini semakin lengkap. Sebanyak ribuan koleksi spesimen dari Pusat Penelitian Oseanografi LIPI dipindahkan ke MZB LIPI. Koleksi spesimen yang dipindahkan adalah koleksi kering, meliputi spesimen moluska dan koral, dan koleksi basah meliputi sebagian spesimen koleksi ekinodermata, ikan, krustasea dan moluska.

Cahyo Rahmadi selaku Plt. Kepala Bidang Zoologi Pusat Penelitian Biologi mengungkapkan, pemindahan spesimen biota laut ke MZB LIPI dinilai menjadi langkah penting untuk koleksi referensi ilmiah di Indonesia. “Ke depan, Cibinong akan menjadi pusat koleksi referensi ilmiah baik flora, fauna dan mikrob di Indonesia dari berbagai tipe ekosistem dari ketinggian gunung sampai kedalaman laut,” ungkapnya. (19/6)

Menurut Cahyo, hal tersebut memberi tantangan baru ke depan terkait bagaimana peran dan tanggungjawab LIPI sebagai pusat depositori koleksi referensi ilmiah keanekaragaman hayati Indonesia. “Hal lain yang juga tidak kalah penting yaitu menjaga dan merawat koleksi biota laut ini, tanggungjawab semakin besar, ketika jumlah koleksi semakin besar,” jelasnya.

Dirinya mengungkapkan, khusus di museum dimana koleksi ilmiah zoologi disimpan, fasilitas penyimpanan sudah memenuhi standar internasional, “Kelembapan dan suhu ruangan lebih terkontrol sehingga dapat menekan pertumbuhan jamur dan spora jamur yang menjadi tantangan dalam pemeliharaan spesimen di daerah tropis,” imbuh Cahyo.

Sementara itu, Ernawati Widyastuti Peneliti krustasea dari Pusat Penelitian Oseanografi LIPI sekaligus sebagai koordinator pemindahan koleksi spesimen mengungkapkan, jika sebelumnya Pusat Penelitian Oseanografi LIPI sudah beberapa kali mengirimkan koleksi mereka di MZB LIPI. “Pemindahan ini bertujuan agar sampel-sampel dari biota laut yang kami kirim dapat menjadi bagian dari koleksi ilmiah di MZB LIPI yang memiliki taraf internasional. Kami berharap agar koleksi spesimen kami lebih terpelihara dan terlindungi dengan fasilitas yang lebih memadai,” jelasnya.

Dirinya mengungkapkan, koleksi yang dipindahkan terdiri dari koleksi kering yang meliputi karang dan moluska, serta koleksi basah yang terdiri dari kelompok ekinodermata, gorgonian, ikan, krustasea, moluska dan spons. “Selain kelompok zoologi, juga akan ada pemindahan koleksi botani yang terdiri dari kelompok alga, mangrove dan lamun. Namun koleksi botani tidak sebesar koleksi zoologi,” papar Ernawati.

Menurut Ernawati, pemindahan koleksi rujukan tersebut dilakukan dalam beberapa tahap, yaitu tahap pertama (10/6) adalah pemindahan spesimen kering dan lima set lemari kompaktus. Tahap kedua (17/6 dan 19/6) dilakukan pemindahan sebagian koleksi basah dan rak penyimpanan Sedangkan tahap ketiga (24/6) hanya dilakukan pemindahan koleksi basah. “Pada setiap tahap, dilakukan penataan spesimen pada lemari dan rak yang sudah tersedia,” tuturnya.

Setelah pemindahan, maka akan dilanjutkan penataan ulang hingga semua spesimen tertata kembali. “Dilakukan pula pemeriksaan kondisi spesimen dan kondisi alkohol di setiap spesimen basah, apakah memadai atau tidak,” tambah Erna.

Dirinya mengungkapkan, koleksi spesimen biota laut ini merupakan aset berharga karena menjadi “rekaman” atas keanekaragaman hayati laut Indonesia dari masa ke masa. “Spesimen biota laut ini juga sering menjadi sarana belajar dan riset bagi akademisi dan pelajar dari seluruh Indonesia,” pungkas Erna. (sf ed sl)

Info Kegiatan

Laporan Tahunan

LAPORAN TAHUNAN PUSLIT BIOLOGI

1. TAHUN 2016

2. TAHUN 2017

3. TAHUN 2018

Galeri video P2Biologi

Alamat

Pusat Penelitian Biologi-LIPI
Cibinong Science Center, Jl. Raya Jakarta-Bogor, Km.46
Cibinong 16911, Bogor-Indonesia
Phone: +62(0)1-87907604/87907636 , Fax : +62(0)21-87907612 This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Info Kegiatan

Get Socials

© 2009-2015 by GPIUTMD

Scroll to top