• 12.jpg
  • 13.jpg
  • 14.jpg
  • 15.jpg
  • 16.jpg
  • 17.jpg
  • 18.jpg

Bidang Botani

Herbarium Bogoriense(BO)

Botany

Read more

Bidang Zoologi

Bidang Mikrobiologi

Informasi Kehati

Produk Puslit Biologi

 

jamur pangan

Cibinong, Humas LIPI. Jamur adalah salah satu mikroorganisme sekaligus sumber protein yang belum banyak dikenal di Indonesia. Masyarakat belum mengkonsumsi jamur secara rutin dan masih menganggap jamur sebagai sayuran. Padahal, kandungan nutrisinya sangat lengkap, sehingga perlu dilakukan sosialisasi sebagai bentuk edukasi ke masyarakat.

Sejarah mencatat, komoditas jamur pangan Indonesia pernah menjadi primadona. Indonesia adalah negara kelima pengekspor jamur terbesar di dunia. Namun, kesuksesan tersebut tak berlanjut, karena belum optimalnya pengelolaan jamur. Menghadapi masa pandemi, tentunya potensi tersebut perlu dikembangkan kembali. ”Jamur adalah sumber protein yang murah dan sangat dibutuhkan oleh tubuh. Melalui webinar ini saya berharap pengetahuan tentang jamur dapat mengedukasi masyarakat, termasuk pemanfaatan budidaya jamur sebagai alternatif ketahanan pangan di masa pandemi,” ujar Atit Kanti, Kepala Pusat Penelitian Biologi saat membuka Webinar Series #1 APCE tentang Jamur Pangan Sumber Protein Nabati di Masa Pandemi Covid-19.

Iwan saskiawan, Peneliti Bidang Mikrobiologi pada Pusat Penelitian Biologi LIPI menuturkan banyak sekali keunggulan budidaya jamur. Selain  ramah lingkungan, budidaya jamur masih menggunakan teknologi sederhana dan menyerap banyak tenaga kerja. Tak hanya itu waktu budidaya pun relatif singkat dan mampu menghasilkan pangan bergizi.

Saat ini jenis jamur pangan yang umumnya dibudidayakan antara lain jamur tiram, jamur kancing, jamur merang, jamur shitake, jamur kuping dan jamur taoge. “Selain mengandung protein tinggi, tiga kandungan jamur lainnya, yaitu antioksidan, immunomodulator, dan probiotik telah menobatkan jamur menjadi pangan fungsional,” tegas Iwan.

Iwan meyarankan untuk memulai budidaya jamur, harus diawai dengan pengenalan sifat-sifat fisiologi jamur. Berdasarkan klasifikasi organisme, jamur termasuk fungi kingdom bukan plants kingdom, karena tidak memiliki klorofil. Fungi kingdom terdiri dari tiga golongan jamur, yaitu mikroskopis (Zygomycota,Chytridimycota), makroskopis (Basidimycota), dan mikroskopis/makroskopis (Ascomycota).  

”Hampir semua jamur pangan termasuk dalam kelompok Basidiomycota, karena memiliki tubuh buah yang dapat kita konsumsi. Siklus  hidup kelompok jamur ini berkembang biak dari spora, tumbuh menjadi hifa (bulu-bulu halus), berubah menjadi bakal tubuh buah dan terakhir menjadi jamur dewasa. Siklus inilah yang harus dipahami oleh peminat budidaya jamur,” ungkap pria ahli jamur pangan tersebut.

Iwan menerangkan budidaya jamur dimulai dari proses pembibitan. Bibit jamur dapat diperoleh dengan metode kultur murni, bibit induk, dan bibit sebar. LIPI melalui Ina CC menyimpan beberapa kultur murni jamur pangan yang  siap digunakan untuk pembudidayaan jamur. Media tanam jamur dibuat dari serbuk gergaji dan jerami padi.

Media tanam harus dipersiapkan secara benar. Serbuk gergaji harus bersih dan dicampur dengan bahan lain. Selanjutnya serbuk dimasukkan ke dalam bag log dan disterilisasi. Dilanjutkan proses inokulasi bag log, lalu diinkubasi dan dimulai proses pertumbuhan jamur (produksi jamur buah).

Beberapa pengalaman membuktikan konsumsi jamur terbukti dapat memperbaiki gizi masyarakat, namun beberapa masalah masih menghantui upaya budidaya jamur di Indonesia. “Tantangan terberat untuk budidaya jamur saat ini adalah masih rendahnya  nilai konsumsi perkapita jamur di Indonesia (0,18 kg),  rendahnya produktivitas  dan perlunya pengembangan jamur pangan sebagai produk pangan fungsional (bioteknologi jamur),” pungkas Iwan. (sa)

Info Kegiatan

Laporan Tahunan

LAPORAN TAHUNAN PUSLIT BIOLOGI

1. TAHUN 2016

2. TAHUN 2017

3. TAHUN 2018

Galeri video P2Biologi

Alamat

Pusat Penelitian Biologi-LIPI
Cibinong Science Center, Jl. Raya Jakarta-Bogor, Km.46
Cibinong 16911, Bogor-Indonesia
Phone: +62(0)1-87907604/87907636 , Fax : +62(0)21-87907612 This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Info Kegiatan

Get Socials

© 2009-2015 by GPIUTMD

Scroll to top