• 12.jpg
  • 13.jpg
  • 14.jpg
  • 15.jpg
  • 16.jpg
  • 17.jpg
  • 18.jpg

Bidang Botani

Herbarium Bogoriense(BO)

Botany

Read more

Bidang Zoologi

Bidang Mikrobiologi

Informasi Kehati

Produk Puslit Biologi

 

WhatsApp Image 2020 12 12 at 12.45.59

Cibinong, Humas LIPI. LIPI mencatat jumlah karyawan purnabhakti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) pada tahun 2020 adalah 181 sivitas dan pada tahun 2021 sebanyak 126 sivitas.  Maka dari itu, sosialisasi dan pelatihan dari para pakar LIPI sangat diperlukan sebagai bekal masa senja mereka. Salah satunya pembekalan tentang urban farming yang sedang menjadi tren, terlebih dalam masa pandemi dan kebiasaan baru ini.

“Inspirasi awal kemajuan pertanian organik di perkotaan adalah dari luar negeri khususnya di perkotaan Taiwan. Dalam satu individu tanaman timun dapat menghasilkan 10 buah timun. Bagaimana cara merawat tanaman sebagus itu? Ternyata di kebun tersebut ada lebah madunya. Lebah sangat penting untuk proses penyerbukan. Jadi kelebihannya adalah bertani timun dan sekaligus memanen madu,” papar peneliti Pusat Penelitian Biologi LIPI, Sarjiya Antonius, dalam webinar Sosialisasi, Diseminasi, dan Pelatihan IPTEK bagi Pegawai Purnabhakti LIPI 2020 -2021 pada Jumat (12/11).

Dalam materinya yang berjudul Urban Farming: Tantangan dan Peluang untuk Kesehatan dan Menambah Income, Anton menyatakan konsep urban farming atau pertanian perkotaan merupakan aktivitas budidaya pertanian, memproses dan memasarkan bahan pangan. “Urban farming juga memanfaatkan lahan dan perairan di sekitarnya secara intensif serta menggunakan sumber daya alam dan sampah perkotaan untuk menghasilkan berbagai produk pertanian, peternakan dan perikanan,” jelasnya.

Menurutnya, urban farming memiliki manfaat dalam berbagai aspek mulai dari manfaat ekonomis, ketahan pangan, manfaat kesehatan, hingga manfaat bagi lingkungan. “Urban farming dapat berperan sebagai penyediakan pangan untuk memenuhi kebutuhan keluarga petani produsen termasuk masyarakat perkotaan lainnya, memanfaatkan lahan-lahan yang awalnya tidak atau belum dimanfaatkan, menyediakan kesempatan kerja bagi generasi muda dalam aktivitas pertanian, memperbaiki dan meningkatkan mutu lingkungan perkotaan sehingga menurunkan polusi, memberikan dukungan terhadap program pengurangan energi melalui produksi pangan lokal, menyegarkan komunitas dengan memasukkan ide-ide dan keterlibatan lokal, dan menciptakan lingkungan yang asri, dan memiliki nilai estetika yang tinggi bagi pengelola dan masyarakat,” ungkapnya.

“Teknologi pertanian adaptif pada urban farming dapat dilakukan dalam beberapa bentuk, diantaranya vertikulture, hidroponik, aquaponic, wall garden, ayam arab, urban bee, budikdamber, dan budidaya magot,” tambahnya.

Selain itu, kunci dari pertanian yang hebat adalah penggunaan Pupuk Organik Hayati (POH) yang dapat meningkatkan hasil. “Ibaratnya, POH adalah sinyal yang akan mengoptimalkan tanaman supaya berproduksi dengan baik supaya tahan dan bisa bebas pestisida. Keberhasilan pertanian tadi tergantung sepenuhnya dengan agen hayati. Jadi, jika pertanian mengandalkan kimia atau pestisida itu sangat berbahaya terhadap kehidupan dibawah tanah, karena kesehatan tanah dan lingkungan dikendalikan keanekaragaman mikroba,” tegas Anton.

Dirinya mengungkapkan, peluang bisnis POH pun masih dapat menjadi amunisi, karena produk ini berbasis riset yang tidak perlu diragukan kehebantannya atau fungsinya dibandingkan yang ada di pasaran. Maka dari itu, dirinya berharap para karyawan purnabhakti LIPI dapat membentuk kelompok tani. “POH merupakan produk LIPI, otomatis produk ini berbasis riset, jadi peluang bersaing masih besar. POH juga sudah terdaftar dengan nomor paten P00201601284. Selain POH, keberhasilan tanaman juga bergantung pada pupuk kompos,” tutupnya.(sf ed sl)

Info Kegiatan

Laporan Tahunan

LAPORAN TAHUNAN PUSLIT BIOLOGI

1. TAHUN 2016

2. TAHUN 2017

3. TAHUN 2018

Galeri video P2Biologi

Alamat

Pusat Penelitian Biologi-LIPI
Cibinong Science Center, Jl. Raya Jakarta-Bogor, Km.46
Cibinong 16911, Bogor-Indonesia
Phone: +62(0)1-87907604/87907636 , Fax : +62(0)21-87907612 This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Info Kegiatan

Get Socials

© 2009-2015 by GPIUTMD

Scroll to top