• 12.jpg
  • 13.jpg
  • 14.jpg
  • 15.jpg
  • 16.jpg
  • 17.jpg
  • 18.jpg

Bidang Botani

Herbarium Bogoriense(BO)

Botany

Read more

Bidang Zoologi

Bidang Mikrobiologi

Informasi Kehati

Produk Puslit Biologi

 

WhatsApp Image 2020 12 14 at 06.49.32

Cibinong, Humas LIPI. Dalam rangka memperingati Hari Nusantara ke-20, International Languange Center dan Global Future Institute menyelenggarakan Seminar Online dengan Tema “Mengungkap Rahasia Candi Borobudur dari Sudut Pandang Antropologi dan Hayati serta Aspek bagi Indonesia di Masa Lalu dan Akan Datang”, pada Sabtu (12/12).

Ketua Badan Kerja  Sama Antar Parlemen (BKSAP) Dewan Perwakilan Rakyat RI, Dr. H. Fadli Zon, S.S., M.Sc. dalam sambutannya mengatakan bahwa sangat penting untuk menggali berbagai aspek dari Candi Borobudur yang merupakan salah satu asset nasional, kebanggaan kita yang di akui oleh UNESCO sebagai bagian dari World Heritage.

“Candi Borobudur banyak menyimpan cerita dari berbagai aspek sebagai arsitektur dari masa lalu yang luar biasa, cerita cerita relief yang begitu panjang tentang kehidupan, tentang filosofi, tentang keadaan-keadaan di zaman lampau,” tutur Fadhly. “Sebuah kekayaan nasional yang bisa membuat kita bangga menjadi orang Indonesia, dan memang jati diri bangsa Indonesia berangkat dari apa yang ada di masa lalu, dan apa yang di masa lalu itu adalah continuity  ke masa kini dan juga ke masa yang akan dating,” tambahnya.

Fadly yang juga seorang pemerhati sejarah menjelaskan, Candi Borobudur menyimpan begitu banyak cerita dan ini harus menjadi bagian dari edukasi kita untuk memupuk budaya dan peradaban kita ke depan. “Kita harus mencerita ini dan menggali lebih jauh, mempelajari lebih jauh sehingga semakin banyak terungkap apa yang berada dibelakang cerita untuk anak dan cucu kita,” katanya. Dirinya berharap bisa menyambung usaha-usaha kita di dalam mempromosikan ke arifan lokal kebudayaan kita pada umumnya dan ini merupakan tantangan kita sendiri, tutup Fadli.

Hadir sebagai narasumber, Peneliti Pusat Penelitian Biologi LIPI, Prof. Dr. Ir. Ibnu Maryanto, M.Si. yang menyampaikan tentang Mamalia dalam Kisah Lalitavistara Candi Borobudur Berikut Satwa Terikut Dalam Penyebaran/Perdagangan Masa Lalu. “Lalitavistara Candi Borobudur adalah relief cerita yang mengkisahkan perjalanan hidup Budha dari dalam kandungan sampai dengan kehidupan terakhir-Nya di surga Tusita, dengan pengajaran I di Taman Rusa di Resipatana Varanasi," tuturnya.

Akulturasi kebudayaan Jawa mengekspresikan kisah Budha Gautama di relief Lalitavistara untuk mempermudah penyebaran agamanya, contoh materi satwa diambil dari Jawa asli. Makna dan simbol, seperti waktu, lokasi/posisi, habitat dan transportasi itu semua merupakan makna kehidupan.

Mamalia Utama Lalitavistara merupakan simbol kelanggengan kehidupan ekosistem,seperti singa, harimau sebagai pemangsa puncak/penjaga alam, gajah jawa sebagai megaherbivore. Di dalam ilmu Biologi merupakan contoh satwa yang memilik peran yang penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem di lingkungan habitatnya.

Dirinya menyampaikan bahwa akulturasi kebudayaan Jawa diekspresikan sesuai kisah Budha Gautama di relief Lalitavistara. “Hal ini untuk mempermudah penyebaran ajaran agamanya, contoh materi mamalia di ambil dari Jawa asli (data pendukung dijumpai tumbuhan pace asli Jawa)”.

Di sisi lain, Ibnu menambahkan, “Perdagangan/hadiah di Nusantara dapat dibuktikan dengan adanya burung kakaktua, Sedangkan perdagangan dunia di Jawa dapat juga dibuktikan keberadaannya dari satwa komensal seperti tikus, tikus pichi, cecurut wabah penyakit melalui host tikus diperkirakan sudah ada di masa itu.” tandas Ibnu.(dr ed sl)

 

Info Kegiatan

Laporan Tahunan

LAPORAN TAHUNAN PUSLIT BIOLOGI

1. TAHUN 2016

2. TAHUN 2017

3. TAHUN 2018

Galeri video P2Biologi

Alamat

Pusat Penelitian Biologi-LIPI
Cibinong Science Center, Jl. Raya Jakarta-Bogor, Km.46
Cibinong 16911, Bogor-Indonesia
Phone: +62(0)1-87907604/87907636 , Fax : +62(0)21-87907612 This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Info Kegiatan

Get Socials

© 2009-2015 by GPIUTMD

Scroll to top