• slide1.jpg
  • slide 2.jpg
  • slide3.jpg
  • slide 4.jpg
  • slide 5.jpg
  • slide6.jpg
  • Slide7.jpg
  • slide 8.jpg
  • slide9.jpg
  • slide11.jpg
  • slide12.jpg
  • slide14.jpg

Bidang Botani

Herbarium Bogoriense(BO)

Botany

Read more

Bidang Zoologi

Bidang Mikrobiologi

Informasi Kehati

Produk Puslit Biologi

Foto Bersama Pembicara Kunci

LIHAT FOTO GALERI DI SINI

Plant Growth Promoting Rhizobacteria (PGPR) atau kerap disebut Rhizobakteri Penyubur Pertumbuhan Tanaman (RPPT) merupakan bakteri yang berkoloni dengan perakaran dan mendukung kekebalan, pertumbuhan dan perkembangan tanaman berkat kemampuannya dalam mengahsilkan zat pengatur tumbuh (ZPT), biokatalis untuk mendukung tersedianya NPK dan asam-asam organik penting lainnya bagi tanaman.

Peran PGPR dalam meningkatkan ketahanan tanaman sehingga dapat meningkatkan penyerapan nutrisi oleh akar dan menyuburkan daerah perakaran. Akhir-akhir ini aplikasi dan komersialisasi PGPR untuk pertanian berkelanjutan telah tumbuh dan berkembang di pasar dunia. Dalam usahanya untuk berperan proaktif menghadirkan solusi melalui pendekatan manajemen pertanian ramah lingkungan, komunitas PGPR yang merupakan komunitas dari berbagai profesi di kalangan masyarakat ilmiah yang dibentuk pada tahun 2009 menyelenggarakan konferensi internasional di Kota Bogor.

Acara PGPR ke-5 bertujuan untuk mengangkat topik kekinian manfaat biodiversitas mikroorganisme (PGPR) sebagai pilar pembangunan pertanian berkelanjutan dalam mendukung ketahanan pangan, meningkatkan kesadaran bersama dalam penataan dan pemanfaatan sumber daya biologi khususnya mikroba tanah dalam memelihara keberlangsungan kehidupan di bumi serta mengoptimalkan terjalinnya komunikasi dan pertukaran informasi hasil-hasil riset sehingga dapat dibangun kerja sama antara berbagai instansi baik di dalam dan di luar negeri. Kegiatan ini diselenggarakan selama 3 hari mulai tanggal 16-19 Juli 2017 bertempat di IPB-ICC dengan dihadiri oleh sekitar 250 orang peserta dari 13 Negara Asia seperti Indonesia, India, China, Taiwan, Korea, Pakistan, Kazakhstan, Jepang, Filipina, Malaysia, Saudi Arabia, Iran dan Hongkong, serta beberapa negara lainnya seperti Amerika, Austria, Australia, Italia dan Jerman. Para undangan yang hadir berasal dari lembaga penelitian, universitas, lembaga pemerintah, perusahaan swasta dan LSM serta beberapa media nasional.

Pada awal acara, disampaikan beberapa sambutan dan diawali dengan sambutan dari Dr.rer.nat. Sarjiya Antonius selaku pimpinan dari panitia penyelenggara kegiatan PGPR ke-5. Beliau menyampaikan bahwa Indonesia memiliki kelebihan di bidang pertanian karena kondisi alam dan sumber daya yang menguntungkan dengan iklim tropisnya, namun kitapun masih menghadapi beberapa kendala seperti banjir, kekeringan dan intrusi air laut. Disamping itu kita menghadapi pula hama dan beberapa penyakit tanaman yang menyerang berbagai produk pertanian, persaingan harga, kualitas, mekanisme kebersihan dan keamanan pangan dan lain-lain. Selain itu, minimnya pengetahuan petani dan pemahaman terhadap pasar dan teknologi pertanian menjadi tantangan tersendiri. Berdasarkan kendala-kendala ini, pemerintah Indonesia saat ini mengembangkan program nasional untuk merestrukturisasi sektor pertanian, yang bertujuan untuk menerapkan teknologi inovatif di bidang pertanian, khususnya bio-teknologi termasuk Plant Growth Promoting Rhizobacteria (PGPR).

Disambung dengan sambutan yang disampaikan oleh Prof. M. S. Reddy yang merupakan Founder Chairman, Asian PGPR Society, USA. Beliau mengawali sambutannya dengan menyapa seluruh peserta yang hadir, memperkenalkan beberapa kolega dan stake holder yang turut terlibat dalam kegiatan ini serta menceritakan sejarah dan perjuangannya dalam mengembangkan komunitas PGPR. Dalam sambutannya disampaikan bahwa konferensi PGPR Asia adalah kesempatan penting untuk pertukaran ide dan tantanganbagi seluruh peserta yang hadir. Tantangan bagi masyarakat PGPR adalah untuk terus memberikan penelitian yang dibutuhkan dalam merealisasikan potensi dan manfaat PGPR bagi petani.Beliaupun memberikan dorongan pada semua peserta yang hadir untuk meningkatkan semangat kerja guna mewujudkan Asia menjadi pelopor dalam penerapan teknologi PGPR demi kemajuan pertanian.  

Adapun Sestama LIPI yang turut hadir dan mewakili Kepala LIPI menyampaikan bahwa LIPI memiliki misi untuk menciptakan invensi ilmu pengetahuan yang dapat mendorong inovasi dalam rangka meningkatkan daya saing ekonomi bangsa, mengembangkan ilmu pengetahuan yang bermanfaat untuk konservasi dan pemanfaatan Sumber Daya berkelanjutan, meningkatkan pengakuan internasional dalam bidang ilmu pengetahuan serta meningkatkan kualitas SDM Indonesia melalui aktivitas Ilmiah. Beliau merasa yakin bahwa melalui konferensi internasional ini, LIPI akan lebih dikenal dan difasilitasi untuk menjadi institusi penelitian kelas dunia dalam hal penelitian, pengembangan dan penggunaan sains untuk meningkatkan daya saing bangsa.Beliau menambahkan bahwa melalui konferensi ini akan memberikan pencerahan kepada kita semua khususnya terkait pemanfaatan PGPR untuk penggunaan yang lebih efektif terhadap produksi tanaman yang berkelanjutan. Beliau berharap bahwa potensi besar teknologi PGPR akan menemukan jalan untuk memfasilitasi reproduksi aplikasi ini di lapangan dan untuk produksi pangan berkelanjutan tidak hanya di Indonesia tetapi di banyak negara lainnya di dunia.

Sementara dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) yang pada kesempatan ini diwakili oleh Direktur Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat menyampaikan bahwa Kementriktekdikti menyambut konferensi internasional ini sebagai ajang untuk memperkuat jaringan kerjasama. Saat ini Kemenristekdikti sedang melakukan finalisasi grand design penelitian nasional yang meliputi 10 prioritas penelitian dan diantaranya agrikultur. Kemenristekdikti juga memfasilitasi berbagai kegiatan penelitian dengan menyediakan berbagai program dana pendidikan untuk peneliti baik dari universitas maupun lembaga penelitian. Dengan adanya kesempatan ini, menjadi tantangan dan kesempatan untuk memperkuat jaringan kerjasama baik di level regional maupun internasiona. Kemenristekdikti berharap agar dapat menggunakan kesempatan ini untuk memperkuat kegiatan riset terutama terkait PGPR, karena Kemenristekdikti benar-benar peduli dengan topik konferensi ini sebagaimana 2,5 juta populasi penduduk Indonesia yang memerlukan lebih banyak penelitian yang hasilnya dapat diaplikan kepada masyarakat.

Konferensi yang mengambil topik “Manfaat Biodiversitas Mikroorganisme sebagai Pilar Pembangunan Pertanian Berkelanjutan dalam Mendukung Ketahanan Pangan” dibuka pada hari Senin, 17 Juli 2017 oleh Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati-LIPI yang pada sambutan pembukanya menyampaikan bahwa kegiatan konferensi internasional PGPR ke-5 ini merupakan salah satu bagian dari rangkaian kegiatan dalam menyambut HUT LIPI ke-50 yang jatuh pada tanggal 23 Agustus. Beliau menambahkan pula bahwa LIPI memiliki 3 tanggung jawab besar yang meliputi science for science oleh karena itu apa yang kita lakukan hari ini harus bisa menghasilkan inovasi, ide untuk membuktikan teori atau penemuan-penemuan lain. Sementara science for stakeholder berjalan melalui kegiatan laboratorium yang ditujukan pada petani atau kegiatan di lapangan dimana stakeholder kita terdiri dari lembaga pemerintah, pelaku industri, masyarakat dan kalangan peneliti lainnya sedangkan konferensi internasional yang menjadi tanggung jawab LIPI ini erat kaitannya dengan science for scientific community.  Diakhir sambutannya beliau menyampaikan terima kasih untuk semua pihak yang terlibat atas terlaksananya kegiatan ini.

Turut berpartisipasi pula dalam kegiatan ini beberapa stakeholder seperti GGP (Great Giant Foods), PT. Prathista Industries, PT. GAIA Science Indo, PT. Pertokimia Kayaku, PT. Sciencewerke, PT. Elokarsa Utama, PT. Indotech Scientific dan Taman Buah Mekarsari yang memamerkan produknya.

 

Artikel ini diunggah oleh Pramono pada tanggal 17 July 2017

@FifthAsian Pgprconference

 

 

Info Kegiatan

Gallery 

Alamat

Pusat Penelitian Biologi-LIPI
Cibinong Science Center, Jl. Raya Jakarta-Bogor, Km.46
Cibinong 16911, Bogor-Indonesia
Phone: +62(0)1-87907604/87907636 , Fax : +62(0)21-87907612 This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Info Kegiatan

Get Socials

© 2009-2015 by GPIUTMD

Scroll to top