• 000.jpg
  • 11.jpg
  • 21.jpeg
  • 31.jpg
  • 41.jpg
  • 51.jpg
  • 61.jpg
  • 71.jpg
  • 81.jpg
  • 91.jpg
  • 111.jpeg
  • 912.jpg

Bidang Botani

Herbarium Bogoriense(BO)

Botany

Read more

Bidang Zoologi

Bidang Mikrobiologi

Informasi Kehati

Produk Puslit Biologi

 

LIHAT VIDEO    |    Foto - Pramono

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melalui Pusat Penelitian Biologi senantiasa berupaya secara berkesinambungan menyebarluaskan informasi hasil-hasil penelitiannya guna mendukung Prioritas Nasional Pengembangan Dunia Usaha dan Pariwisata. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan memberikan pelatihan-pelatihan hasil-hasil penelitian agar dapat diaplikasikan oleh masyarakat luas sehingga dapat mengangkat perekonomian wilayah setempat.

Pusat Penelitian Biologi LIPI kali ini membawa hasil-hasil penelitian melalui kegiatan Diseminasi dan Pelatihan Produk Hasil Penelitian di Kawasan Danau Toba pada hari Rabu, 5 September 2018.

Hasil penelitian Pusat Penelitian Biologi LIPI diharapkan dapat memperkuat pengembangan potensi daerah dan memperkuat perekonomian masyarakat. Alih teknologi melalui diseminasi merupakan kegiatan penting untuk menyampaikan hasil-hasil  penelitian yang sudah dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, kalangan industri dan pemerintah. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk tanggung jawab LIPI dalam menjawab permasalahan di tengah masyarakat.

Kegiatan diseminasi hasil-hasil penelitian Pusat Penelitian Biologi diadakan di desa Jangga Dolok Kecamatan Lumban Julu, Toba Samosir (Tobasa) dengan tema Diseminasi dan Pelatihan Hasil-Hasil Penelitian Biodiversitas Pusat Penelitian Biologi LIPI di Kawasan Danau Toba.

Desa Jangga Dolok Kecamatan Lumban Julu, Toba Samosir (Tobasa) dipilih sebagai tempat pelatihan dan diseminasi karena desa tersebut sedang menggalakkan potensinya sebagai lokasi destinasi wisata yang mengedepankan potensi ekowisata berbasis sumber daya alam lokal. Desa Jangga Dolok Kecamatan Lumban Julu, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) menyimpan banyak potensi wisata yang harus dimanfaatkan untuk peningkatan kualitas ekonomi warga sekitar. Dalam Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K), Desa Jangga Dolok juga memiliki areal perladangan sekitar 700 ha, persawahan 400 ha dan 350 ha kawasan ekowisata, yaitu Gunung Simanukmanuk.

Pada awal tahun 2018 Pusat Penelitian Biologi sudah melakukan penelitian di hutan sekitar Jangga Dolok untuk mengungkapkan potensi flora fauna lokal. Kegiatan ini akan dilanjutkan dengan perjanjian kerjasama antara Pusat Penelitian Biologi dengan Bappeda Kabupaten Tobasa dengan lokus di desa Jangga Dolok.


Hasil penelitian yang didiseminasikan padi hari Rabu, 5 September 2018 adalah pembuatan pupuk organik hayati (POH), jamur pangan dan pakan ikan. Diseminasi POH LIPI ini merupakan upaya LIPI untuk menciptakan kemandirian daerah dalam peningkatan produksi pangan. POH LIPI dengan nama Beyonik Startmic memiliki keunggulan mampu menyuburkan secara alami, meningkatkan ketahanan terhadap hama dan penyakit, serta memelihara kesehatan tanah. Keunggulan lain adalah metoda pembuatannya yang sederhana sehingga petani dapat membuat sendiri pupuk ini dengan bahan-bahan yang mudah didapat dan biaya pemupukan menjadi lebih murah.


Peningkatan produksi pangan perlu juga disertai oleh diversivikasi komoditas pangan. Komoditas pangan yang dikembangkan LIPI diantaranya adalah jamur pangan dan ikan lokal. Jamur memiliki nilai gizi yang tinggi,  dapat digunakan sebagai bahan pangan fungsional, baik yang bersifat sebagai nutraceutical maupun nutriceutical.

Penanganan pasca panen seperti pembuatan tepung jamur juga dapat dilakukan  untuk meningkatkan nilai tambah produk  pangan  (fortifikasi). Pada kegiatan diseminasi ini, peserta akan diajarkan teknik-teknik budidaya jamur dengan memanfaatkan limbah jerami yang melimpah.

Kegiatan lain yang didiseminasikan adalah pembuatan tepung ikan yang dapat dijadikan bahan pakan ikan untuk akuakultur. Pusat Penelitian Biologi telah menghasilkan inovasi baru berupa pakan ikan terfermentasi. Pakan ikan terfermentasi ini mempunyai keunggulan lebih mudah diserap oleh ikan, sehingga pertumbuhan ikan lebih cepat dari biasanya serta dapat berfungsi sebagai pengganti antibiotik ikan.

Program tahun 2018 memberikan mandat kepada Pusat Penelitian Biologi LIPI untuk mengambil peran dalam mendukung Prioritas Nasional Pengembagan Dunia Usaha dan Pariwisata. UU RI No. 10 tahun 2009 mengamanatkan bahwa keanekaragaman hayati dan kekayaan budaya merupakan modal pembangunan pariwisata untuk peningkatan kemakmuran dan kesejahteraan rakyat. Pembangunan pariwisata adalah kegiatan yang bersifat multidisiplin dengan mempertimbangkan aspek keanekaragaman dan keunikan budaya dan alam. Ini menjadi peluang besar Pusat Penelitian Biologi LIPI untuk berperan dalam pengembangan dunia usaha dan pariwisata melalui serangkaian program yang terintegrasi berdasarkan kajian ilmiah tentang keanekaragaman hayati dan ekosistemnya, serta pemanfaatan potensi keanekaragaman hayati dalam mendukung pembangunan pariwisata yang berkelanjutan.
 
Keterangan lebih lanjut :
Dr. Ir. Witjaksono (Kepala Pusat Penelitian Biologi LIPI)
Dr. Ruliyana Susanti (Kepala Subbagian Kerjasama dan Iformasi Pusat Penelitian Biologi LIPI)

Diunggah - Pramono

Info Kegiatan

QR code

qr code

Galeri video P2Biologi

Alamat

Pusat Penelitian Biologi-LIPI
Cibinong Science Center, Jl. Raya Jakarta-Bogor, Km.46
Cibinong 16911, Bogor-Indonesia
Phone: +62(0)1-87907604/87907636 , Fax : +62(0)21-87907612 This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Info Kegiatan

Get Socials

© 2009-2015 by GPIUTMD

Scroll to top