• 0000.jpg
  • 11.jpg
  • 12.jpg
  • 13.jpg
  • 14.jpg
  • 15.jpg
  • 16.jpg
  • 17.jpg
  • 18.jpg

Bidang Botani

Herbarium Bogoriense(BO)

Botany

Read more

Bidang Zoologi

Bidang Mikrobiologi

Informasi Kehati

Produk Puslit Biologi

 

 Salah satu kelompok peserta tari tradisional di BBI (foto : Munasain)

LIHAT FOTO GALERI   |   Foto - Munasain, Dian K. & Ida F.

Yayasan Belantara Budaya Indonesia (BBI) bekerjasama dengan MUNASAIN (Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia) Pusat Penelitian Biologi LIPI telah menyelenggarakan “Sekolah Tari Tradisional Gratis” yang dibuka oleh Ibu Wali Kota Bogor Yana Ardian Bima Arya di Bogor Jawa Barat.

Kegiatan dihadiri oleh Kepala Bidang Botani Puslit Biologi LIPI Dr. Ir. Joeni Setijo Rahajoe M.Sc. beserta jajarannya, Founder BBI Diah Kusuma Wijayanti S.Sos. M.Hum. dan crew serta para peserta tarian tradisional berikut pendaftar barunya dari berbagai kalangan yang jumlahnya lebih dari seratus orang.

 Saat Potong Tumpeng simbol Pembukaan Peresmian Sekolah Tari Tradisional Gratis (foto : Dian K.)

Museum saat ini harus menjadi ruang terbuka publik sehingga masyarakat dapat bermain dan belajar di dalamnya, museum bisa menjadi pusat pembentukan karakter dengan belajar dan bermain bagi anak, sehingga mereka mau mendatangi museum untuk mengetahui benda peninggalan sejarah. Demikian harapan ibu Walikota diantara penyampaian sambutan pembukaan sekolah tari yang diselenggarakan di Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia Sabtu 27 Oktober 2018.

 Foto Bersama di halaman Munasain (Foto : Munasain)

Sekolah tari menurut Diah merupakan program pendidikan, kreativitas dan sosial bagi lingkungan masyarakat sekitar museum. Tujuannya adalah membangun generasi muda yang cerdas dan kreatif serta berkepribadian baik, menjaga dan melestarikan budaya, kesenian dan kearifan lokal. Sekolah tari di Munasain Bogor merupakan sekolah tari ke 10 yang sebelumnya telah dibuka diberbagai tempat museum dan mall terpilih di Indonesia, diantaranya yaitu di : Museum Nasional Jakarta, Museum Kebangkitan,  Brajawangsa City Mall. FX Sudirman Mall dan lainnya. Selain itu Kepala Munasain pada sambutan singkatnya menyampaikan bahwa seruan kepada adik-adik untuk bergabung pada sekolah tari di munasain agar mencintai museum dan kesenian serta budaya Indonesia. Sekolah tari gratis diperuntukan bagi semua kalangan masyarakat dan usia ini menurut rencana dijawalkan setiap hari Minggu pukul 09.30 – 11.30 WIB bertempat di Munasain Bogor.

Demo tarian tradisional dari Indonesia Timur berjudul “Maumere”, tari ronggeng nyentrik dan Angklung Midley Nusantara dari BBI memeriahkan Pembukaan Sekolah Tari Tradisonal Gratis . Khusus tarian “Maumere” semua yang hadir dipersilakan untuk menari tak terkecuali ibu Walikota dan Kepala Munasain. Seluruh peserta yang hadir tampak antusias dan senang melakukan tarian ini karena cukup popoler.

Suasana persiapan demo tarian tradisional Maumere di halaman gedung Munasain (foto Ida F.)

Berkaitan dengan kerjasama museum dengan BBI bahwa diharapkan museum menjadi sebuah entitas yang tidak pasif, namun aktif dalam memperbaiki kualitas kehidupan masyarakat. Dalam museologi baru program ini bertujuan untuk mengembalikan fungsi museum sebagai pusat kegiatan dan komunitas, juga meningkatkan kepercayaan diri khususnya bagi anak-anak dan remaja dengan tampil di pentas seni yang akan berdampak secara ekonomi bagi para peserta program sekolah tari tradisional gratis di Munasain. Kerjasama kegiatan sekolah tari tradisonal ini menurut informasi akan dilakukan selama satu tahun.

Penulis - Dian Komara

Diunggah - Pramono

Info Kegiatan

Laporan Tahunan

LAPORAN TAHUNAN PUSLIT BIOLOGI

1. TAHUN 2016

2. TAHUN 2017

3. TAHUN 2018

Galeri video P2Biologi

Alamat

Pusat Penelitian Biologi-LIPI
Cibinong Science Center, Jl. Raya Jakarta-Bogor, Km.46
Cibinong 16911, Bogor-Indonesia
Phone: +62(0)1-87907604/87907636 , Fax : +62(0)21-87907612 This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Info Kegiatan

Get Socials

© 2009-2015 by GPIUTMD

Scroll to top