• 01.jpg
  • 11.jpg
  • 21.jpeg
  • 31.jpg
  • 41.jpg
  • 51.jpg
  • 61.jpg
  • 71.jpg
  • 81.jpg
  • 91.jpg
  • 111.jpeg
  • 912.jpg

Bidang Botani

Herbarium Bogoriense(BO)

Botany

Read more

Bidang Zoologi

Bidang Mikrobiologi

Informasi Kehati

Produk Puslit Biologi

 

 

Foto bersama perserta Pelatihan Fasilitator Pendidikan Lingkungan (Sumber foto : Dokinfo KRB)

Kebun Raya Bogor (KRB), Museum Zoologi Bogor (MZB) dan Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia (Munasain) Bogor merupakan objek wisata edukasi yang  pengelolaanya dibawah naungan Kedeputian Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati (IPH) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

KRB menyajikan berbagai koleksi tumbuhan hidup dan konservasinya dapat menjadi salah satu pilihan objek pembelajaran bagi masyarakat pengunjung yang ingin mempelajarinya sambil berwisata. MZB mempunyai koleksi awetan berbagai hewan baik mamalia, ikan, serangga, burung dan lain-lain. Munasain saat ini merupakan pengembangan dari Museum Etnobotani Indonesia menyajikan pameran tentang pemanfaatan tumbuhan oleh masyarakat suku di Indonesia yang diperluas dengan sejarah alam dan kehidupan manusia, hewan dan tumbuhan.

“Museum di hatiku” (Sumber foto : Dokinfo KRB)

Ketiga objek wisata tersebut dalam satu kawasan menambah konten program wisata edukasi bagi masyarakat.. Pendidikan lingkungan merupakan salah satu bagian penting bagi siapapun yang peduli dengan kehidupan manusia dengan alam sekitarnya baik terkait isu ekologi, ekonomi dan sosial. Hal ini sejalan dengan strategi konservasi tumbuhan secara global atau Global Strategi for Plant Conservatin (GSPC). Dengan demikian untuk tercapai proses transformasi bidang keilmuan yang terkandung pada ketiga objek wisata tersebut sangat diperlukan salah satunya adalah peran fasilitator.

 

Kegiatan lapangan di Kebun Raya Bogor (Sumber foto : Dokinfo KRB)

Keberhasilan dalam penyadartahuan masyarakat mencintai dan peduli pada lingkungan dan keanekaragaman hayatinya dapat ditentukan oleh sumber daya manusia fasilitator. Oleh karena itu salah satu upaya membangun dan meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan keterampilan tenaga fasilitator untuk program wisata edukasi tersebut di atas, Pusat Konservasi Kebun Raya menyelenggarakan “Pelatihan Fasilitator Pendidikan Lingkungan KRB. MZB dan MUNASAIN-LIPI”.

 

Salah satu dari narasumber memberikan presentasi psikologi anak (Sumber foto : Dokinfo KRB)

Workshop yang diselenggarakan 28 hingga 30 November 2018 ini menghadirkan beberapa narasumber diantaranya yaitu N. Septian Alamsyah dari Trainer dan motivator Splended Training Team, Heryanto S.Pd, M.Si praktisi pendidikan membawakan materi tentang psikologi anak, Dra.Muyati Rahayu tentang keanekaragaman hayati dalam edukasi studi kasus Museum Etnobotani, Rosniati A. Risna M.Si menyampikan tentang GSPC dan implementasi dalam kegiatan pendidikan lingkungan, Melani K. Riswati S.Si. memaparkan desain program edukasi keanekaragaman hayati dan diskusi perencanaan program terintegrasi antara KRB, MZB dan MUNASAIN. Sedangkan untuk simulasi pemanduan di MZB oleh Hasan Maulana S.Pd. dan simulasi kegiatan di MUNASAIN oleh  Dian Komara M.Hum.

Salah satu kegiatan simulasi di Munasain (Sumber foto : Dokinfo KRB)

Peserta pelatihan dari KRB, MZB dan MUNASAIN yang berjumlah 30 orang. Adapun tujuan pelatihan yaitu meningkatkan pengetahuan dan kepedulian peserta pelatihan terkait isu lingkungan, meningkatkan keterampilan peserta pelatihan untuk memfasilitasi kegiatan pendidikan lingkungan hidup dan meningkatkan komitmen partisipasi publik dalam proses transformasi sosial khususnya melalui pendidikan lingkungan.

Suasana pada diskusi kelompok di ruangan rapat gedung Kusnoto (Sumber foto : Dokinfo KRB)

Hal terpenting dari hasil kegiatan ini disamping memperoleh pembekalan materi dari narasumber juga diskusi tentang perencanaan program wisata edukasi yang terintegrasi yang meliputi KRB, MZB dan MUNASAIN. Diskusi yang telah dilakukan hari terakhir pelatihan meghasilkan beberapa komitmen diantaranya pertama telah terbentuknya program wisata edukasi yang terdiri dari tiga objek yaitu KRB, MZB dan MUNASAIN. Kedua masing kelompok diskusi telah membuat program paket wisata edukasi, yaitu kelompok satu dengan konsep “Wisata Kehati”, kelompok dua “Buba Explorer”  dan kelompok tiga dengan menu “Nature Amazing Race, Tematik dan FunEd”.

Presentasi hasil diskusi kelompok (Sumber foto : Dokinfo KRB)

Masing-masing paket pada intinya merupakan program paket wisata edukasi yang terintegrasi ketiga objek yaitu : Kebun Raya Bogor, Museum Zoologi Bogor dan Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia. Dalam paket tersebut mengatur  materi, terget pengunjung, durasi, alur atau flow visitor, dan lain sebaginya. Hasil dari pelatihan belum dirumuskan gabungan ketiga konsep tersebut dan masih perlu dibahas kembali diwaktu mendatang untuk menentukan konsep prima dan komprehensip. Rencananya ketiga konsep tersebut akan disempurnakan menjadi satu konsep.

Penulis - Dian Komara

Sumber Foto - Dokinfo Sub.baq Kerjasama dan Informasi Kerjasama Kebun Raya LIPI

Pengunggah - Pramono

Info Kegiatan

QR code

qr code

Galeri video P2Biologi

Alamat

Pusat Penelitian Biologi-LIPI
Cibinong Science Center, Jl. Raya Jakarta-Bogor, Km.46
Cibinong 16911, Bogor-Indonesia
Phone: +62(0)1-87907604/87907636 , Fax : +62(0)21-87907612 This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Info Kegiatan

Get Socials

© 2009-2015 by GPIUTMD

Scroll to top