• 0000.jpg
  • 11.jpg
  • 12.jpg
  • 13.jpg
  • 14.jpg
  • 15.jpg
  • 16.jpg
  • 17.jpg
  • 18.jpg

Bidang Botani

Herbarium Bogoriense(BO)

Botany

Read more

Bidang Zoologi

Bidang Mikrobiologi

Informasi Kehati

Produk Puslit Biologi

 

Bogor, Humas LIPI. WhatsApp Image 2019 12 03 at 15.43.26

Bogor, Humas LIPI. Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia merupakan negara kedua yang memiliki keanekaragaman hayati terestrial tertinggi setelah Brasil dan menduduki posisi pertama jika keanekaragaman hayati laut dimasukkan. Kondisi ini menjadi anugerah sekaligus tanggung jawab berat untuk menggali dan menjaga keanekaragaman tersebut. “Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dengan seluruh sumberdayanya  terus berkomitmen untuk menjaga biodiversity Indonesia. Hal ini bukan karena LIPI memiliki kewenangan ilmiah, namun terkait tanggung jawab institusi”, ujar Laksana Tri Handoko, selaku Kepala LIPI saat membuka International Symposium on Indonesian Fauna (ISIF) pada Senin (2/12) di Bogor.

Handoko menegaskan saat ini LIPI bisa jadi sebagai lembaga riset utama yang memimpin dalam menjaga harta karun tersebut, karena memiliki kapasitas dan kompetensi komplit, sehingga dapat mengambil inisiatif  dan memenuhi tanggung jawab melalui aktivitas riset yang telah dilakukan.  Bersama dengan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia, LIPI  berkomitmen dan telah mengalokasikan  anggaran sebesar 200 juta US dollar sejak tahun 2018 hingga 2020 untuk mendukung program pengelolaan keanekaragam hayati, termasuk melengkapi infrastruktur dan fasilitas riset untuk mendukung program riset terintegrasi.

Untuk mendorong kolaborasi riset yang lebih optimal LIPI juga akan bersinergi dengan instansi terkait untuk menyederhanakan aturan ijin penelitian. “Peneliti asing tidak perlu merasa takut dengan ijin penelitian baru yang diatur dalam UU Sisnas Iptek, akan ada aturan turunan dalam bentuk Peraturan Pemerintah yang akan mengatur secara teknis dan lebih ramah bagi peneliti”, tambah Handoko.

Cahyo Rahmadi selaku Kepala Bidang Zoologi Pusat Penelitian Biologi juga menambahkan bahwa hasil penelitian fauna yang telah dilakukan LIPI bersama dengan instansi lain dapat menjadi referensi penting untuk penelitian di masa yang akan datang. Termasuk menghasilkan informasi penting sebagai rekomendasi acuan bagi pembuat kebijakan. “Tahun ini kami telah menemukan 42 spesies satwa baru yang berhasil menambah temuan spesies baru LIPI menjadi 533 taksa (sejak tahun 1970)”, ungkap Cahyo.

Dirinya menjelaskan bahwa pelaksanaan ISIF yang mengusung tema “Menggali, Menyoroti, dan Memberdayakan Penelitian tentang Fauna Indonesia: Tantangan Masa Depan dan Perspektif”, bertujuan untuk menyebarluaskan hasil penelitian tentang fauna Indonesia; mensosialisasi peraturan tentang kolaborasi riset; dan merumuskan tren penelitian satwa liar di masa depan.

Sebagai informasi simposium yang dimulai pada tanggal 2 hingga 4 Desember 2019 merupakan puncak peringatan 125 Tahun Museum Zoologicum Bogoriense yang telah dimulai sejak awal tahun tahun 2019. Diharapkan kegiatan ini dapat memfasilitasi para peneliti, akademisi, pelajar, dan pemerintah untuk membangun dan diperkuat kolaborasi penelitian fauna Indonesia.


Beragam topik menarik dibahas dalam simposium yang mencakup aspek biologis hewan liar di Indonesia. Diantaranya terkait keanekaragaman hayati, biosistematika dan evolusi, biogeografi, ekologi dan konservasi, fisiologi, pengembangan, nutrisi, etnozoologi, dan bioprospeksi. Topik tersebut terbagi dalam tiga (3) tema utama, yaitu pemberdayaan riset fauna di Indonesia, isu-isu fauna terkini di Indonesia, dan program konservasi Komodo yang akan dipresentasikan oleh 16 pembicara utama. Seminar dihadiri sekitar 150 orang yang berasal dari Indonesia, Amerika Serikat, Austria, Italia, Jerman, Australia, Jepang, dan Filipina (sa).

Info Kegiatan

Laporan Tahunan

LAPORAN TAHUNAN PUSLIT BIOLOGI

1. TAHUN 2016

2. TAHUN 2017

3. TAHUN 2018

Galeri video P2Biologi

Alamat

Pusat Penelitian Biologi-LIPI
Cibinong Science Center, Jl. Raya Jakarta-Bogor, Km.46
Cibinong 16911, Bogor-Indonesia
Phone: +62(0)1-87907604/87907636 , Fax : +62(0)21-87907612 This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Info Kegiatan

Get Socials

© 2009-2015 by GPIUTMD

Scroll to top