KOMPETENSI LABORATORIUM (Tugas dan Fungsi)

Kegiatan inti yang dilakukan bertujuan untuk mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi pokok penelitian bidang botani terutama sel dan jaringan tumbuhan. Kegiatan tersebut meliputi: pengembangan teknik in vitro untuk produksi bibit unggul tanaman secara massal, pengembangan metode regenerasi tanaman secara in vitro, perbaikan genetik tanaman melalui manipulasi sel somatik, fusi protoplas, kultur haploid/ mikrospora, embryo rescue, keragaman somaklonal dan seleksi in vitro, serta konservasi plasma nutfah melalui teknik in vitro, dan pelatihan, pelayanan serta konsultasi mengenai teknik in vitro.

Ringkasan Kegiatan dan Resume hasil yang signifikan tahun 2014

Kegiatan penelitian yang dilakukan di Laboratorium Biak sel dan Jaringan Tumbuhan Tahun pada tahun 2014 diantaranya yakni: 1) Manipulasi sel somatik secara in vitro untuk perbaikan genetik tanaman kentang hitam (Kegiatan Tematik (PN Umbi) Puslit Biologi); 2) Produksi bibit jati LIPI secara in vitro (Kegiatan IPTEKDA & PNBP); 3) Pengembangan varietas-varietas avokad dataran rendah untuk ketersediaan buah sepanjang Tahun (Kegiatan Kompetitif LIPI, KSK: Dr. Reni Lestari, PKT Kebun Raya Bogor); dan 4) Evaluasi, karakterisasi dan seleksi varietas baru pisang hasil induksi poliploidi dan persilangan (Kegiatan Kompetitif LIPI, KSK: Dr. Yuyu S. Poerba).

Pada kegiatan perbaikan genetik tanaman kentang hitam, penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan aksesi mutan kentang hitam hasil penelitian sebagai varietas baru dan mengembangkan teknologi budidaya kentang hitam secara optimal. Beberapa hasil penelitian pada tanaman kentang hitam diantanya yakni data karakter agronomi dan fisiologi 10 nomor kandidat mutan potensial, sejumlah nomor koleksi dan pembibitan aksesi kentang hitam (umbi, tunas in vitro, bibit di GH, penanaman di lahan) serta draft pendaftaran varietas tanaman mutan kentang hitam hasil pemuliaan tanaman yang baru.

Pada produksi bibit jati LIPI, kegiatan yang dilakukan mulai dari perbanyakan bibit dengan teknik kultur jaringan di laboratorium sampai pada kegiatan pembibitan tanaman jati siap jual. Selain itu, di laboratorium juga dilakukan kegiatan penelitian untuk optimasi teknik produksi bibit dan penelitian untuk pengembangan varietas baru tanaman jati. Produksi bibit tanaman jati dilakukan untuk memenuhi kebutuhan bibit untuk kegiatan IPTEKDA LIPI yang bekerjasama dengan Puslit Bioteknologi, sebagian lainnya dijual kepada masyarakat umum sebagai PNBP Puslit Biologi, serta untuk kegiatan promosi dan pameran. Produksi bibit jati yang dilakukan selama tahun 2014 sudah mencapai sekitar 15.000 bibit.

Pada penelitian untuk pengembangan varietas-varietas avokad dataran rendah di bawah kegiatan KSK kegiatan Kompetitif Dr Reni Lestari, penelitian yang dilakukan yakni eksplorasi varitas-varitas avokad di daerah Jawa Barat, dengan  mendata: lokasi, pemilik, morfologi tanaman, tanah, suhu, dan kelembaban, serta mengambil sampel buah, daun, bunga, dan entris. Melakukan penyambungan entris dengan batang bawah avokad, serta percobaan pemupukan dan dengan pupuk kandang, pupuk NPK, dan pupuk cair organik. Selain itu, melakukan pendataan pada pertumbuhan tanaman sambungan dan kecepatan tumbuh setelah tanaman ditanam di lapang Cibinong Science Center.

Kegiatan lain yang dilakukan di laboratorium yakni kegiatan penelitian pisang di bawah KSK Dr. Yuyu S. Poerba (Lab Genetika), yakni melakukan seleksi serta karakterisasi morfologi dan ketahanan tanaman terhadap penyakit layu fusarium, pemeliharaan dan penanaman koleksi in vitro pisang hasil poliploid, hasil persilangan, beberapa aksesi pisang budidaya serta pisang liar.  

 

Pembimbingan

Pembimbingan: 1 orang mahasiswa S2 (Edy Sukmara, Pasca Sarjana – IPB) dan pembimbingan 6 mahasiswa PKL (4 mahasiswa Universitas Jendral Sudirman Purwokerto, 1 mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang dan 1 mahasiswa UPN “Veteran” Jawa Timur). Selain itu, pada tanggal 2 – 6 Juni 2014 dilakukan kegiatan pelatihan “Kultur Jaringan Dasar untuk Perbanyakan Tanaman” yang diikuti 6 orang guru pengajar dari Sekolah Pembangunan Jaya”.

 

Jasa yang ditawarkan

Jasa yang ditawarkan di laboratorium yakni jasa pembimbingan bagi mahasiawa penelitian, atau magang, pelatihan kultur jaringan tingkat dasar dan tingkat lanjut serta menyediakan medium formula untuk berbagai tanaman.

 

Kerjasama

Kerjasama penelitian dilakukan dengan PEMDA daerah Lebak- Banten terutama dengan Dinas Pertanian kabupaten Lebak untuk kegiatan penelitian kentang hitam dari tahun 2013 – 2014. Selain itu, kerjasama dilakukan dengan UMKM dan pesantren untuk kegiatan IPTEKDA LIPI.

Laboratorium

Layanan Jasa

Alat Pendukung

Biak Sel dan Jaringan Tumbuhan

 

(Dr.Ir. Witjaksono, M.Sc.)

a.      Jasa pembimbingan bagi mahasiswa penelitian, atau magang

b.       Pelatihan kultur jaringan tingkat dasar dan tingkat lanjut

c.      Menyediakan medium formula untuk berbagai tanaman.

d.       Menerima mahasiswa magang dan penelitian (S1-S3).

e.      Penyediaan bibit tanaman jati dan pisang asal biak jaringan.

f.         Pelatihanbiak jaringan tanaman tingkat dasar  (perbanyakan tanaman) sampai tingkat lanjut (fusi protoplast) atau sesuai permintaan.

g.      Perbanyakan tanaman dari pemesan.

h.       Menyediakan medium formula untuk  berbagai tanaman sesuai pesanan.

a)       Laminar Air Flow Cabinet

b)       Shaker

c)       Waterbath

d)       Centrifuge

e)       Mikroskop inverted

f)        Mikroskop diseksi

g)       Fasilitas Cryopreservasi

h)       Fasilitas pembibitan

 

 

Alamat

Pusat Penelitian Biologi-LIPI
Cibinong Science Center, Jl. Raya Jakarta-Bogor, Km.46
Cibinong 16911, Bogor-Indonesia
Phone: +62(0)1-87907604/87907636 , Fax : +62(0)21-87907612 This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Info Kegiatan

Get Socials

Newsletter

© 2009-2015 by GPIUTMD

Scroll to top