Isu lingkungan dan masalah-masalah ekologi seperti perubahan iklim, kebakaran hutan, pembalakan liar dan kehilangan biodiversitas telah lama muncul namun belum banyak kemajuan yang dihasilkan. Untuk itu perlu dilakukan penelitian ekologi secara terus menerus dan berkelanjutan. Laboratorim Ekologi Tumbuhan , Bidang Botani - Puslit Biologi LIPI telah melakukan penelitian ekologi jangka panjang (Long Term Ecological Research) sejak tahun 1979 dengan membuat petak permanen di beberapa wilayah di Indonesia Lokasi petak pengamatan permanen terdapat di: Sumatera (Ketambe), Jawa (TNGG Pangrango, TNG Halimun, Dungus Iwul, Yanlapa), Kalimantan (Kalimantan Timur; Bangkirai, Sungai Wein, Wanariset; Kalimantan Tengah: Lahae, sebangau dan Kalampangan; Kalimantan Barat: Tanjung Putting).

Ke dua laboratorium yang berada di bawah kelompok ekologi mengerjakan beberapa penelitian yang berkaitan dengan ekologi tumbuhan antara lain regenerasi dan dinamika hutan, siklus hara agroforestri, ekologi lingkungan.Staff terdiri dari 20 peneliti dan 4 orang teknisi.

Dengan terjadinya kebakaran hutan yang terus menerus, mengakibatkan perubahan ekosistem sehingga untuk mengetahui dampak kebakaran dilakukan beberapa penelitian di beberapa tipe ekosistem yaitu: hutan rawa gambu, hutan kerangas dan hutan dipterocarp campuran yang semuanya berada di P. Kalimantan.

Untuk mengupas fungsi ekosistem tersebut lebih dalam dilakukan juga penelitian siklus hara di hutan dataran rendah (T. N. Gn Gede Pangrango) dan hutan pegunungan rendah di (TN. Gn. Halimun). Tipe ekosistem yang lain juga dilakukan anatara lain di hutan gambut, kerangas dan hutan dipterocarp campuran.

Untuk mengungkapkan karakterisasi biota di Pulau pulau kecil dilakukan di P. Karimunjawa, NusaKambangan, Nusa Barong, Sepanjang Wawonii. Salah satu diantaranya adalah program Expidisi Widya Nusantara di P. Waigeo Kepulaun Raja Ampat.

Beberapa alat laboratoriumpendukung adalah :

C-N Analyzer

Mercury Analyzer

AAS dan Spectrophotometer

Layanan Jasa :

1.  Analisis kimia (ekstraksi, destruksi, pH, kadar air & abu, C dan N organik, P, respirasi tanah, fiksasi daun dll).

2.  Layanan Konsultasi Biodiversity Assesment

3.  Jasa konsultasi estimasi Carbon

4.  Pembimbingan Mahasiswa S1, S2, S3 & PKL

KOMPETENSI LABORATORIUM (Tugas dan Fungsi)

Laboratorium ekologi tumbuhan melakukan penelitian ekologi struktur berupa analisa vegetasi dan dinamikanya, sedangkan penelitian ekologi fungsional berupa pengukuran karbon tersimpan pada tumbuhan, tanah, air dan proses respirasi.

RINGKASAN KEGIATAN

Sebagaimana kompetensi kelompok ekologi tumbuhan maka kegiatan utamanya adalah melakukan penelitian ekologi struktural dan ekologi fungsional. Untuk melaksanakan kegiatan tersebut anggota kelompok ekologi ikut terlibat dalam 3 tolok ukur yang masing-masing melaksanakan kegiatannya di Taman Nasional Gede-Pangrango dan Halimun Salak; Kalimantan Tengah; dan pulau-pulau kecil (pulau Bintan). Masing-masing tolok ukur tersebut dengan kegiatan penelitian tentang produksi biomasa, karbon stok dan sekuensi pegunungan dan hutan gambut; dan variasi spasial dan tipe vegetasi pulau Bintan. Hasil kegiatan penelitian tersebut dipresentasikan/dipublikasi dalam Seminar, Prosiding dan Jurnal; baik tingkat nasional maupun internasional; serta dalam bentuk Buku; seperti contoh berikut.

Rahajoe JS, L Alhamd, TD Atikah, BA Pratama, Suhardjono, S Shiodera and K Takashi. Floristic diversity and the distribution of selected species in the peatland ecosystem in Central Kalimantan 2014. Proceedings of International Symposium on Wild Fire and Carbon Management in Peat-Forest in Indonesia 2013: 62-66

Polosakan, R., L.Alhamddan J. S. Rahajoe. 2014. Estimasi biomasa dan karbon tersimpan pada Pinus merkusii jungh. & de vriese di hutan pinus di Gn.Bunder, TNGunung Halimun Salak. BERITA BIOLOGI.

Alhamd, L. And R. Polosakan. 2014. Allometric Equation to Estimate Biomass in the Natural Forest Cidahu, Gunung Halimun Salak NP, West Java. Journal Tropical Biology and Conservation. (in press)

Suhardjono Prawiroatmodjo & K Kartawinata, 2014. Floristic diversity and Structural characteristics of mangrove forest of Raja Ampat, West Papua, Indonesia. Reinwardtia Vol.14, No.1, pp: 171-180.

Partomihardjo, T., D. Arifiani, R. Mahyuni, B. A. Pratama. 2014. Jenis-Jenis Pohon Penting Nusakambangan, Cilacap Jawa Tengah. Jakarta: LIPI Press

Selain hasil-hasil penelitian ekologi, juga diperoleh koleksi spesimen tumbuhan baik berupa spesimen herbarium maupun spesimen bukti ekologi. Hasil dari pulau Bintan tercatat adanya beberapa jenis yang merupakan rekaman baru (new-record) untuk pulau Bintan, maupun Riau. Kemungkinan ditemukannya jenis baru masih dimungkinkan, ditandai dengan adanya taksa yang belum/tidak dapat teridentifikasi sampai tingkat jenis.

Dalam hal pembimbingan kelompok ekologi juga ikut terlibat, baik dalam pembimbingan penelitian dan penulisan skripsi mahasiswa maupun mahasiswa PKL. Beberapa mahasiswa dari berbagai Universitas yang sedang malakukan PKL telah mendapat bimbingan baik di lapangan maupun di laboratorium; sertabeberapa mahasiswa telah mendapat bimbingan dalam menyelesaikan tugas akhirnya pada tingkat S1, S2 dan S3. Begitu juga dalam hal pelayanan, Laboratorium Ekologi juga telah membantu baik mahasiswa ataupun pihak lain dalam melakukan analisis kimia. Adapun analisa dan Jasa yg ditawarkan, yakni melakukan persiapan sampel, ekstraksi, destruksi, pengukuran pH, kadar air & abu, C dan N organik, C  organik terlarut, P tersedia-terlarut-total, K total, Na, Ca, Mg total, Amonium, Nitrat dan Nitrit, respirasi tanah dan fiksasi daun. Sejauh ini pelayanan yang dilakukan dapat berlangsung dengan baik.

Untuk kerjasama yang melibatkan kelompok Ekologi berupa “counter-part” dalam kerjasama penelitian, penelitian bersama ataupun dalam bentuk tugas kelembagaan seperti Cites dan Tim terpadu. Beberapa diantaranya dalam pelaksanaan MOU bersama antara Pemerintah Provinsi Maluku Utara dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI); Penelitian Tumbuhan Herba Paska Kebakaran dalam Kerjasama Mitshubishi, Jepang dan Universitas Palangkaraya Kalimantan Tengah; Kandungan Merkuri di berbagai lokasi bekas penambangan; dan Extention of the agreementconcerning scientific and educational cooperation. dalam Kerjasama dengan Kagoshima University.

Sebagian besar anggota kelompok ekologi terlibat dalam kerjasama dengan Departemen Kehutanan sebagai Ketua Tim Terpadu Kehutanan. Kegiatan yang dilakukan adalah mengkoordinir tim dalam menilai, mengevaluasi atau mengkaji usulan pemohon untuk memanfaatkan atau mengelola kawasan hutan, berdasarkan aspek-aspek biofisik (teknik dan ekologi), sosial ekonomi, dan hukum (yuridis). Adapun bentuk-bentuk usulan berupa RTRW, TMKH, PFKH, dan Ijin Pinjam Pakai. Beberapa contoh usulan: Tukar Menukar Kawasan Hutan untuk Pembangunan Perkebunan Kelapa Sawit an. PT Suryabumi Tunggal Perkasa di Kabupaten Kotabaru, Provinsi Kalimantan Selatan; Permohonan dispensasi penggunaan kawasan Cagar Alam Kamojang seluas 68 ha oleh PT Pertamina Goethermal Energy; Usulan Perubahan Fungsi Kawasan Cagar Alam (CA) Guci menjadi Taman Wisata Alam (TWA) di Desa Rambul, Kecamatan Bojong, Kabupaten Tegal, Provinsi Jawa Tengah; Usulan perubahan fungsi kawasan hutan lindung seluas 168,60 ha menjadi kawasan hutan produksi tetap di kabupaten Pasaman Barat, Sumatra Barat; Usulan perubahan kawasan hutan dalam rangka review RTRWP Sumatera Utara.

 

Laboratorium

Layanan Jasa

Alat Pendukung

Ekologi Tumbuhan dan Tanah

 

(Dr. Edi Mirmanto)

a)     Pembimbingan penelitian dan penulisan skripsi mahasiswa S1 maupun mahasiswa PKL di lapangan maupun di laboratorium

b)     Melakukan analisa kimia yakni melakukan persiapan sampel, ekstraksi, destruksi, pengukuran pH, kadar air & abu, C dan N organik, C  organik terlarut, P tersedia-terlarut-total, K total, Na, Ca, Mg total, Amonium, Nitrat dan Nitrit, respirasi tanah dan fiksasi daun

c)     Jasa pelayanan/konsultasi Biodiversity Assesment

d)      Jasa konsultasi estimasi Carbon

 

a)       C-N Analyzer

b)       Mercury Analyzer

c)       AAS

d)       Spectrophotometer

e)       TOC Analyser

 

Alamat

Pusat Penelitian Biologi-LIPI
Cibinong Science Center, Jl. Raya Jakarta-Bogor, Km.46
Cibinong 16911, Bogor-Indonesia
Phone: +62(0)1-87907604/87907636 , Fax : +62(0)21-87907612 This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Info Kegiatan

Get Socials

Newsletter

© 2009-2015 by GPIUTMD

Scroll to top