KOMPETENSI LABORATORIUM (Tugas dan Fungsi)

Kompetensi Laboratirium Etnobotani adalah melakukan pengkajian sistem pengetahuan lokal masyarakat Indonesia melalui penggalian dan valuasi terhadap kemanfaatan bagi pembangunan bangsa, mendorong pemerintah pusat maupun daera huntuk mengatur pengelolaan atas pemanfaatan Sumber Daya Hayati beserta pengetahuan masyarakat, mendesiminasi hasil-hasil penelitian dan melakukan bimbingan serta konsultasi ilmiah bidang etnobiologi bagi pengembangan IPTEK.

RINGKASAN KEGIATAN TAHUN 2014

Kegiatan para peneliti yang tergabung dalam Laboratorium Etnobotani pada tahun 2014 meliputi:

1) Kegiatan Penelitian:

    a) Penelitian Program Kompetitif Pemanfaatan Tacca

    b) Penelitian Program Kompetitif CSSI tentang Strategi Adaptasi dan Mitigasi

    c) Penelitian Etnobiologi Masyarakat Seram (Colupsia Program)

2) Kegiatan Pembinaan Peneliti Muda: pembimbingan peneliti muda dan mahasiswa PKL

3) Kegiatan Pengajaran dan Pembimbingan:

    a) Pengajaran ilmu Etnobiologi (etnobotani, etnoekologi) pada pasca sarjana S2 dan S3 IPB dan UI

    b) Pembimbingan mahasiswa S1, S2, dam S3 yang berkaitan dengan ilmu Etnobiologi

4) Kegiatan Jasa yang ditawarkan: expertice dalam bidang Etnobiologi dan Jasa permuseuman etnobotani

5) Kegiatan Kerjasama: (a) Kerjasama penelitian dengan Pemda Kabupaten Garut (2013-2014) tentangpengembangandanpemanfaatanTacca.

6) Kegiatan publikasi dan pemasyarakatan IPTEK: Peneliti etnobotani aktif melakukan publikasi ilmiah di beberapa jurnal, proceeding, dan mengikuti pertemuan ilmiah baik pertemuan ilmiah dalam negeri maupun luar negeri.

HASIL YANG SIGNIFIKAN

1) Peneliti Etnobotani ikut berperan dalam Program Kompetitif tentang pemanfaatan Tacca sebagai bahan pangan alternative pengganti beras dan pada tahun 2014 telah diajukan paten dari pengolahan umbi menjadi tepung sampai produksi pati Tacca dan hasil produksi Tacca berupa produk mieTacca dari berbagai bahan pewarna alami yaitu warna cabe merah, brokoli, bayam dan pewarna wortel.

2) Peneliti Etnobotani melalui program kompetitif “CSSI” telah menyelesaikan penelitiannya yang berjudul “Strategi Adaptasi dan Mitigasi Pengelolaan SDAH Masyarakat Lokal di Cagar Biosfer Lore Lindu dan Cagar Biosfer Wakatobi Terhadap Perubahan Iklim”. Hasil penelitian telah diterbitkan dalam bentuk buku dan jurnal. Pada saat ini sedang disusun buku dan timbangan ilmiah tentang strategi adaptasi dan mitigasi perubahan iklim. Selanjutnya program penelitian ini dilanjutkan sebagai bagian dalam program kompetitif gabungan untuk tahun 2015.

3) Peneliti Etnobotani berperan aktif dalam pengembangan ilmu Etnobiologi melalui pengajaran pada program Pasca Sarjana di IPB, UI, dan berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia.

4) Peneliti Etnobotani aktif menjadi pembimbing mahasiswa pasca sarjana jenjang S2 dan S3 di berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia (IPB, UI, UNS, UNIBRAW, UBB dan lain-lainnya) dan Luar Negeri (Perancis, Swiss).

5) Hasil Publikasi Peneliti Etnobotan Pada tahun 2014:

    a) Terbit pada jurnal: 5 judul (Reinwardtia, Berita Biologi dan Jurnal Biologi)

    b) Prosiding:7 judul

    c) Bagian dari Buku: 19 judul

    d) Buku: 2 buah berjudul:

(1) Purwanto, Y., E. Sukara, Hartono, J. Susyafrianto dan A. Munawir. 2014. Indonesian Biosphere Reserve: to linkage biological and cultural diversity for sustainable development. Direktorat KKBHL, Ditjen PHKA, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Jakarta. 254 p.

(2) Purwanto, Y., E. B. Walujo, J. Suryanto, E. Munawarohdan P. S. Ajiningrum. 2014. Strategi Adaptasi dan Mitigasi Pengelolaan SDAH di Cagar Biosfer Wakatobi.Pusat Penelitian Kependudukan, LIPI dan MAB-UNESCO Indonesia, LIPI (inpress).

PEMBIMBINGAN:

1) Pembimbingan mahasiswa PKL 4 orang

2) Pembimbingan mahasiswa S1 = 2 orang

3) Pembimbingan mahasiswa S2:

   a) Prof. Dr. Ir. Y. Purwanto DEA, counterpart dan pembimbingan mahasiswa S2 = 3 orangyaitu Laure DUCOS (French Forestry School, FIF Engref Agroparistech, Paris, France), Isaline Mercerat (University of Zurich, Switzerland), dan Ariane Cosiaux (University of Montpellier II, France)

4) Pembimbingan mahasiswa S3:

    a) Prof. Dr. Ir. Y. Purwanto DEA membimbing 8 mahasiswa mahasiswa S3 meliputi mahasiswa dalam negeri = 7 orang (2 UNIBRAW dan 5 IPB) dan luar negeri 1 orang (MNHN, Paris)

    b) Prof. Dr. Eko B Walujo:-

JASA YANG DITAWARKAN:

    a) Expertise dibidang etnobiologi

    b) Jasa Permuseuman Etnobotani

KEGIATAN KERJASAMA

    a) Kerjasama penelitian dengan Pemda Kabupaten Garut (2013-2014) tentang pengembangan dan pemanfaatan Tacca.

Laboratorium

Layanan Jasa

Ethnobotani

 

(Prof.Dr.Ir. Y.Purwanto))

a)       Pembimbingan mahasiswa

b)       Expertise di bidang etnobiologi

c)       Jasa Permuseuman Etnobotani

 

 

Alamat

Pusat Penelitian Biologi-LIPI
Cibinong Science Center, Jl. Raya Jakarta-Bogor, Km.46
Cibinong 16911, Bogor-Indonesia
Phone: +62(0)1-87907604/87907636 , Fax : +62(0)21-87907612 This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Info Kegiatan

Get Socials

Newsletter

© 2009-2015 by GPIUTMD

Scroll to top