Laboratorium Fisiologi stres dan konservasi merupakan salah satu bagian dari Kelompok Penelitian Fisiologi Konservasi, Bidang Botani, Pusat Penelitian Biologi-Lembaga Ilmu Pengetahuan (LIPI).

Laboratorium Fisiologi Stres dan Konservasi memiliki lingkup riset aspek fisiologi tanaman yang berkaitan dengan konservasi meliputi pemanfaatan secara berkelanjutan, pelestarian dan penelitian.

Riset fisiologi mempelajari semua aspek fisiologi tanaman yang meliputi pertumbuhan (penambahan biomasa), perkembangan/fenologi (perkembangan dari fase perkecambahan hingga fase reproduksi), proses-proses fotosintesis, respirasi, transpirasi, metabolisme di dalam tanaman, hubungan tanaman dengan lingkungan (air, hara/tanah, cahaya, suhu, CO2, lingkungan tercemar dan lain-lain.).

Riset fisiologi konservasi bertujuan untuk mempelajari aspek fisiologi tanaman yang terkait dengan konservasi, termasuk konservasi keanekaragaman hayati tumbuhan (langka, berpotensi obat, pangan, industri, akumulator logam berat, untuk rehabilitasi lahan) dan sumberdaya alam nir-hayati (sumberdaya air, tanah, mikroklimat, udara dari pencemaran dan efek rumah kaca dan lain-lain).

Fisiologi untuk konservasi air

Fisiologi mempelajari konservasi air berskala tumbuhan meliputi hubungan air dan tumbuhan, cekaman air dan neraca air tumbuhan. Ekohidrologi mempelajari konserva- vasi sumberdaya air dalam skala daerah tangkapan air (embung, waduk dan reservoir lainnya). Melalui studi model dan simulasi fisiologi dan ekohidrologi dilakukan upaya pengelolaan ekosistem dengan tindakan praktis berupa restorasi dan rehabilitasi menggunakan spesies tumbuhan yang memiliki efisiensi dalam pemanfaatan air.

Fisiologi untuk konservasi tanah

Fisiologi yang berkaitan dengan fitoremediasi, yaitu pembersihan tanah dan air dari pencemar (logam berat) dengan mediasi tanaman hiperakumu- lator; Studi mekanisme translokasi logam di dalam jaringan tanaman untuk memperbaiki daya serapnya terhadap logam berat pencemar; meningkatkan daya serap logam berat pada tanaman melalui perbaikan faktor eksternal (perbaikan teknik agronomis, termasuk soil amendmen, manipulasi pH), pengkelatan (chelating), aplikasi mikrosimbion dan perbaikan faktor internal tanaman hiperakumulator (fisiologis dan genetic).

Fisiologi untuk konservasi mikroklimat

Riset yang mempelajari hubungan antara tumbuhan mikroklimat (suhu dan kelembaban tanah dan udara sekitar vegetasi), untuk tujuan memperbaiki kondisi mikroklimat dan lingkungan biotik dan abiotik lainnya.

Fisiologi dan perubahan iklim global (global change)

Riset yang mempelajari peranan tumbuhan dalam mitigasi karbon (carbon sequestration). Riset ini mempelajari efisiensi tumbuhan dalam pengunaan cahaya matahari untuk fotosintesis; inventarisasi, karakterisasi dan rekomendasi jenis tumbuhan efisien untuk mitigasi karbon; rekomendasi komposisi vegetasi dan model rehabilitasi yang efisien dalam mitigasi karbon atau Gas Rumah Kaca (GRK).

Fisiologi untuk tujuan konservasi keanekaragaman hayati

Riset ini bertujuan mempelajari aspek aspek fisiologi untuk tujuan konservasi sumberdaya flora, meliputi riset tumbuhan yang sudah terancam punah sehingga dapat diperbanyak dan diselamatkan, tumbuhan liar berpotensi (untuk obat, pangan, industri, akumulator, rehabilitasi lahan) sehingga dapat dimanfaatkan dan dibudidayakan.  Studi fisiologi akan memberikan rekomendasi jenis-jenis tumbuhan yang perlu dikonservasi, karena memiliki potensi efisiensi dalam pemanfaatan air, hiperakumulator logam berat yang beracun dan berbahaya, efisien dalam fiksasi karbon dan lain sebagainya.

Layanan Jasa :

1.  Analisis fisiologi, pengujian ketahanan terhadap kekeringan, potensial air, prolin, transpirasi, klorofil dan asimilasi CO2

2.  Jasa konsultasi Phytomining

3. Jasa reklamasi lahan terdegradasi

4. Pembimbingan Mahasiswa S1, S2, S3 & PKL

KOMPETENSI LABORATORIUM (Tugas dan Fungsi)

 

Fisiologi tumbuhan bertujuan mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi pokok penelitian Bidang Botani dalam hal penelitian dan pengembangan serta pemanfaatan tanaman berbasis telaahan fisiologi dan teknologi budidaya yang berkelanjutan.

Ringkasan Kegiatan 2014

Kegiatan di Tahun 2014 meliputi (1) Penelitian dan pengembangan tanaman umbi-umbian (utamanya taka dan kentang hitam) lanjutan dari tahun sebelumnya; (2) Pengembangan model agroforestry INVAGRO dan (3) Pengembangan Kebun Biologi Wamena (KBW). Kegiatan lainnya adalah penelitian dan pengembangan serealia (Jali Jewawut dan jagung) yang merupakan bagian dari kegiatan INVAGRO dan akan dilanjutkan di Tahun 2015.

Penelitian dan pengembangan tanaman umbi-umbian di tahun 2014 difokuskan pada kegiatan budidaya, baik taka maupun kentang hitam. Pada taka, kegiatan penelitian focus ditujukan untuk meningkatkan produksi umbi perlakuan topping untuk meningkatkan hasil panen umbi taka.  Penelitian kentang hitam difokuskan pada   pencarian metoda budidaya yang tepat untuk meningkatkan produksi dan kualitas umbi, dan meminimalisasi serangan nematode serta penentuan kriteria tanaman induk sebagai sumber bibit. Kegiatan lain adalah sosialisasi pengolahan umbi taka di Desa Loji, Kec. Sampiran, Sukabumi dan mengikuti lomba pengolahan umbi taka menjadi makanan ringan di LIPI Jakarta.

Dalam kegiatan INVAGRO diantaranya dilakukan pengukuran laju pertumbuhan dan stok karbon tanaman jati dengan perlakuan jarak tanam yang berbeda pada umur tiga tahun; penelitian  fisiologi perkecambahan dan fase pertumbuhan jali (Coixlachryma-Jobi ) sebagai dasar budidayanya; penelitian pengaruh pemupukan terhadap pertumbuhan dan produksi   jali  sebagai komponen agroforestri pada pertanaman jati dan penelitian pengaruh pupuk dan naungan tiga jarak tanam jati pada aksesi jagung pulut asal Sulsel dan NTT. Kegiatan lain adalah koleksi jenis-jenis jali, jewawut dan jagung unggul lokal untuk dikembangkan sebagai tanaman sela di model agroforestry INVAGRO.

Kegiatan lain diantaranya adalah tugas di Program Kebencanaan dan Lingkungan  (Ecosystem based Disaster Risk Reduction), ICIAR-LIPI, penulisan buku, editor buku dan referee jurnal ilmiah. Partisipasi dalam seminar-seminar nasional dan internasional, mendukung acara pameran dan open house Bidang Botani dan lomba diversifikasi pangan di LIPI Jakarta.

Resume Hasi yang Signifikan

Dari hasil kegiatan penelitian tanaman umbi-umbian sudah berhasil dikoleksi 2 aksesi dari BABEL, 2 aksesi dari Madura, 1 aksesi dari Sukabumi, 1 askesi dari Garut, 1 aksesi dari DIY dan 1 aksesi dari Krakat. Sudah di launching tanaman taka unggulan.  Telah ditemukan teknik budidaya yakni metode topping yang mampu meningkatkan produksi umbi taka, teknik budidaya untuk mengurangi serangan nematode dan meningkatkan produksi umbi serta  penetapan kriteria tanaman induk sebagai sumber bibit kentang hitam.

Dari kegiatan serealia telah dikoleksi aksesi jewawut sebanyak 5 dari Sulawesi Selatan, 1 dari Kuningan, dan 2 dari P, dikoleksi aksesi jali sebanyak 4 aksesi dari Jawa Barat, dikoleksi aksesi jagung sebanyak  lebih dari 10 aksesi dari NTT dan 3 dari Sulawesi Selatan. Telah berhasil diproduksi jagung pulut dengan tongkol yang lebih besar dan produksi lebih tinggi dibandingkan dengan  hasil panen di tempat asalnya (Sulsel). Telah diketahui kebutuhan naungan yang tepat untuk jali dan jagung sebagai tanaman sela pada model agroforestry.

Kerjasama

Beberapa anggota Lab. Mendapat tugas sebagai peneliti mitra untuk kegiatan kerjasama yakni (1) Riset mengenai ”Penyebaran kontaminasi Hg pada air, tanah, udara di lingkungan penambangan emas rakyat di Pongkor” dengan Kagoshima University; (2) Restorasi bekas kebakaran dalam Taman Nasional dan  pengembangan lahan kering dalam model agroforestri di Bali Barat dengan mitra Biosphere Foundation Melalui Host Yayasan Dwi Asih Sejahtera; (3)  Sebagai partner program kegiatan TWIN SEA ICIAR-LIPI UNU; (4) Sebagai partner program kegiatan UNEP-ICIAR-LIPI - University of Lausanne, Geneva, Switzerland.  

Laboratorium

Layanan Jasa

Alat Pendukung

Fisiologi Tumbuhan

 

(Dr. Nuril Hidayati)

a)     Pembimbingan penelitian dan penulisan skripsi mahasiswa S1 maupun mahasiswa PKL

b)      Jasa yang ditawarkan diantaranya analisa fisiologi tumbuhan, termasuk pengujian ketahanan terhadap kekeringan dengan menganalisa potensial air, prolin, transpirasi, klorofil dan asimilasi CO2.

c)     Jasa konsultansi diantaranya mengenai Phytomining

d)       Jasa reklamasi lahan terdegradasi.

 

 

 

 

 

a)       Photosynthesis apparatus

b)       Leaf area meter

c)       AAS

d)       Colorimeter

e)       Pressure chamber

f)        Weather station

g)       Rumah kaca

h)       Kebun percobaan

i)         Thermogradientbar

j)         Infrared Moisture Content

k)       Konduktometer

l)         Germination Chamber

m)     Inkubator

n)       Timbangan

o)       Hot Air Rapid Drying (Oven)

p)       Biomedical Freezer

q)       pH Meter

r)        Mikroskop

 

Alamat

Pusat Penelitian Biologi-LIPI
Cibinong Science Center, Jl. Raya Jakarta-Bogor, Km.46
Cibinong 16911, Bogor-Indonesia
Phone: +62(0)1-87907604/87907636 , Fax : +62(0)21-87907612 This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Info Kegiatan

Get Socials

© 2009-2015 by GPIUTMD

Scroll to top