Laboratorium Sistematik Molekuler Tumbuhan mulai didirikan pada awal tahun 1990-an untuk menjawab tantangan penelitian sistematik tumbuhan yang bergerak ke arah molekuler pada dua dasawarsa terakhir. Selama beberapa tahun terakhir, sistematik molekuler telah menghasilkan banyak model filogenetik tumbuhan dan beberapa di antaranya ikut membantu memecahkan permasalahan taksonomi yang ada.

Laboratorium ini ditujukan untuk mendukung penelitian sistematik tumbuhan di Herbarium Bogoriense.

Selain itu juga mengelola koleksi material DNA. Dengan pindahnya Herbarium Bogoriense ke Cibinong Science Center dan penambahan beberapa alat baru dari JICA untuk keperluan analisis DNA, laboratorium ini mampu memfasilitasi beberapa pendekatan seperti perbandingan urutan DNA (comparative DNA sequencing) dan teknik berdasarkan PCR seperti RAPD.

Penelitian

Penelitian-penelitian yang dilakukan difokuskan pada filogeni tumbuhan dan fitogeografi, baik tumbuhan liar maupun tumbuhan budidaya, yang ada dalam kawasan Malesia. Penelitian yang sedang berjalan saat ini adalah filogeni Pandanaceae yang terintegrasi dengan penelitian menggunakan pendekatan klasik di Laboratorium Biosistematik dan Laboratorium Anatomi Tumbuhan.

Fasilitas

Laboratorium ini dilengkapi dengan berbagai peralatan untuk menunjangpenelitian sistematik tumbuhan pada umumnya seperti centrifuge, fluorometer, DNA thermal cycler (PCR), electrophoresisapparatus, gel documentation, incubator, dan freezer. Selain itu,laboratorium ini juga bekerjasama dengan Laboratorium Umum dilingkungan Puslit Biologi – LIPI untuk penggunaan DNA sequencer.

Laboratorium

Layanan Jasa

Alat Pendukung

Sistematika Molekuler

 

(Dr. Marlina Ardiyani)

a)       Pembimbingan mahasiswa S1, S2 dan mahasiswa PKL

b)       ekstraksi DNA,

c)       elektroforesis gel,

d)       amplifikasi DNA,

e)       analisis sekuens DNA,

f)        analisis filogenetika.

 

 

a)       Centrifuge,

b)       Mini centrifuge,

c)       Fluorometer,

d)       DNA thermal cycler (PCR),

e)       Electrophoresis apparatus

f)        Gel documentation

g)       Incubator,

h)       Waterbath

i)         Ice maker,

j)         Autoclave,

k)       Timbangan analitik,

l)         Rotator,

m)     Freezer

n)       DNA Sequencer

 

 

Alamat

Pusat Penelitian Biologi-LIPI
Cibinong Science Center, Jl. Raya Jakarta-Bogor, Km.46
Cibinong 16911, Bogor-Indonesia
Phone: +62(0)1-87907604/87907636 , Fax : +62(0)21-87907612 This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Info Kegiatan

Get Socials

© 2009-2015 by GPIUTMD

Scroll to top