Lampiran ke-8   :  SK Kepala Pusat Penelitian Biologi

Nomor               :  2264/IPH.1/IF.07/VIII/2016

Tanggal             :  8 Agustus 2016

 

STANDAR PELAYANAN ANALISIS/PENGUJIAN

PUSAT PENELITIAN BIOLOGI-LIPI

 

A.      DASAR HUKUM:

1.      Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

2.      Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

3.      Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 106 Tahun 2012 tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku Pada Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.

4.      Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan.

5.      Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2014 tentang Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Penyenggaraan Pelayanan Publik.

6.      Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2014 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Secara Nasional.

7.      Peraturan Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Nomor 8 Tahun 2015 tentang Standar Pelayanan di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.

8.      Peraturan Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Nomor 1 Tahun 2014 tentang Organisasi dan Tata Laksana Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.

 

B.      PERSYARATAN

1.       Fotokopi kartu identitas diri yang sah dan masih berlaku (KTP, Kartu Mahasiswa/Pelajar).

2.       Surat pengantar dari instansi/perguruan tinggi atau perorangan.

3.       Sampel yang akan dianalisis khusus di laboratorium terakreditasi berlaku persyaratan sesuai SNI ISO IEC 17025:2008.

 

C.      PROSEDUR

1.       Pemohon mengajukan permintaan jasa analisis atau pengujian kepada petugas PNBP di Bidang Botani/Zoologi/Mikrobiologi dengan menyertakan sampel dan surat pengantar menggunakan formulir Permintaan jasa analisis atau pengujian.

2.       Petugas PNBP di Bidang Botani/Zoologi/Mikrobiologi mencatat permintaan ke dalam buku register.

3.       Membayar lunas biaya analisis/ pengujian pada saat penyerahan sampel atau pada saat pengambilan hasil analisis dengan menandatangani surat perjanjian bermeterai.

4.       Petugas PNBP bidang mendistribusikan formulir Permintaan jasa analisis atau pengujianbeserta sampel yang akan dianalisis atau diuji kepada pelaksana analisis atau pengujian.

5.       Pelaksana melaksanakan analisis atau pengujian kemudian menyampaikan hasilnya kepada Kepala Bidang Botani/Zoologi/Mikrobiologi untuk mendapatkan persetujuan.

6.       Setelah hasil analisis mendapatkan persetujuan dari Kepala Bidang, Petugas PNBP bidang menyerahkan hasil analisis atau pengujian kepada pemohon.

7.       Pemohon melunasi pembayaran jasa analisis atau pengujian kepada petugas PNBP sesuai dengan tarif PNBP.

 

 

 

 

 

 

D.      WAKTU PELAYANAN

1.       Permohonan analisis/pengujian dan pengambilan hasil analisis/pengujian:

Senin – Kamis    : 09.00-12.00 dan 13.00-15.00 WIB.

Jum’at                   : 09.00-11.30 dan 13.30-15.30 WIB.

2.       Waktu analisis atau pengujian yaitu 10 hari kerja.

 

E.       BIAYA/TARIF

 

No.

Analisis Sampel

Biaya

1.

SEM

Basah

Kering

Rp 450.000/Sampel

Rp 375.000/Sampel

2.

ANALISIS DNA Hewan

DNA Barcode

Sexing

Rp 1.000.000/Sampel

Rp 300.000/Sampel

3.

PROKSIMAT:

-         Umum

-         Mahasiswa Dalam Negeri Jenjang S1, S2 dan S3 (MDN)

Kadar air

 

Kadar Debu

 

Protein Kasar

 

Serat Kasar

 

Lemak Kasar

Rp 35.000 (umum)

Rp 28.000 (MDN)

Rp 30.000 (umum)

Rp 24.000 (MDN)

Rp 105.000 (umum)

Rp 84.0000 (MDN)

Rp 100.000 (umum)

Rp 80.000 (MDN)

Rp 100.000 (umum)

Rp 80.000 (MDN)

4.

ENERGI:

-         Umum

-         Mahasiswa Dalam Negeri Jenjang S1, S2 dan S3 (MDN)

Gross Energi

Rp 100.000 (umum)

Rp 80.000 (MDN)

5.

MINERAL:

-         Umum

-         Mahasiswa Dalam Negeri Jenjang S1, S2 dan S3 (MDN)

Kalsium

 

Fosfor

 

Garam

 

Mineral lain per unsur

Rp 85.000 (umum)

Rp 68.000 (MDN)

Rp 85.000 (umum)

Rp 68.000 (MDN)

Rp 85.000 (umum)

Rp 68.000 (MDN)

Rp 85.000 (umum)

Rp 68.000 (MDN)

6.

VAN SOEST:

-         Umum

-         Mahasiswa Dalam Negeri Jenjang S1, S2 dan S3 (MDN)

Neutral Detergent Fiber (NDF)

Acid Detergent Fiber (ADF)

Selulosa

 

Lignin

 

Silika

Rp 110.000 (umum)

Rp 88.000 (MDN)

Rp 110.000 (umum)

Rp 88.000 (MDN)

Rp 105.000 (umum)

Rp 84.000 (MDN)

Rp 105.000 (umum)

Rp 84.000 (MDN)

Rp 105.000 (umum)

Rp 84.000 (MDN)

7.

Analisis kromatografi gas-spektrofotometri massa(Gas Chromotography - Mass Spectophotometer/GC – MS)

 

 

Rp 400.000/Sampel

8.

Kromatografi gas(Gas Chromatography /GC)

 

Rp 300.000/Sampel

9.

Kromatografi cair kinerja tinggi (High Performance Liquid Chromatography/HPLC) (tanpa baku pembanding dan preparasi sampel)

Kualitatif

Rp 500.000/Sampel

 

Kuantitatif

 

Rp 1.000.000/Sampel

10.

Analisis menggunakan Malditof

A.       Analisis profil protein

B.       Identifikasi mikroba

 

 

Rp 700.000/Sampel

Rp 700.000/ Sampel

11.

Penghitungan kelimpahan kultur mikroba

 

 

Rp 500.000/1 jenis mikroba

12.

Analisis penghitungan jumlah Bakteri Pelarut P dalam Pupuk Organik, metode penghitungan kelimpahan (plate count)

 

 

Rp 500.000/Sampel

13.

Analisis Penghitungan jumlah Bakteri Penambat N dalam Pupuk Organik, metode penghitungan kelimpahan (plate count)

 

 

Rp 500.000/Sampel

14.

Analisis Penghitungan jumlah Bakteri Perombak Protein (Proteolitik) dalam Pupuk Organik, metode penghitungan kelimpahan (plate count)

 

 

 

Rp500.000/Sampel

15.

Analisis Penghitungan jumlah bakteri perombak selulosa dalam Pupuk Organik, metode penghitungan kelimpahan (plate count)

 

 

Rp 500.000/Sampel

16.

Analisis Penghitungan jumlah Bakteri perombak lignin dalam Pupuk Organik, metode penghitungan kelimpahan (plate count)

 

Rp500.000/Sampel

17.

Analisis kualitatif Bakteri penghasil asam indol asetat (indel asetid acid)  dalam Pupuk Organik, metode penghitungan kelimpahan (plate count)

 

 

Rp500.000/Sampel

18.

Analisis aktifitas biokontrol, metode penghitungan kelimpahan (plate count)

 

 

Rp 500.000/Sampel

19.

Analisis aktivitas enzim tanah Urease, metode spektrofotometri

 

 

Rp 500.000/Sampel

20.

Analisis aktivitas enzim tanah Fosmomonoesterase, metode spektrofotometri

 

 

Rp 150.000/Sampel

21.

Analisis aktivitas respirasi tanah, metode spektrofotometri

 

 

Rp 150.000/Sampel

22.

Analisis hormon tumbuh asam indol asetat

(indel asetid acid)

a.      Menggunakan HPLC, Kualitatif

 

 

Rp 250.000/Sampel

b.      Menggunakan HPLC, Kuantitatif

 

 

Rp 350.000/Sampel

Menggunakan spektrofotometer, kuantitatif

 

 

Rp 150.000/Sampel

23.

Penganalisis karbon dan nitrogen(CN analyzer) (tanah dan tumbuhan)

 

 

Rp 50.000/Sampel

24.

Ekstraksi dan analisis fosfor (tanaman)

 

Rp 20.000/Sampel

25.

Kadar abu (tanah dan tanaman)

 

Rp 5.000/Sampel

26.

Ekstraksi total mercuri (tanah dan tanaman)

 

 

Rp 60.000/Sampel

 

 

 

 

28.

Khusus logam berat

 

Rp 100.000/Unsur

29.

Ekstraksi (tidak termasuk pelarut)

 

Rp 50.000/Sampel/gram

30.

Analisis Flowcytometer

 

Rp 300.000/Sampel

 

Freeze Dry

 

Rp 15.000/ 1 jam

 

Rotary evaporator

 

Rp 20.000,/ 1 jam

 

Centrifuge

 

Rp 50.000/ 1 running

31.

Analisis asam deoksiribonukleat

(Deoxyribonucleic acid/DNA) Tumbuhan

1)   Ekstraksi dan purifikasi asam deoksiribonukleat (Deoxyribonucleic acid/DNA)

 

 

Rp 100.000/Sampel

2)   Reaksi berantai polimerase (polymerase chain reaction/PCR)

 

Rp 250.000/Sampel

3)   Elektroforesis dan visualisasi

 

Rp 50.000/Sampel

 

 

F.          PRODUK

Hasil analisis dari laboratorium yang sudah teruji dan ditandatangani Kepala Pusat Penelitian Biologi – LIPI.

 

G.        PENGELOLAAN PENGADUAN

Pengaduan, saran dan masukan terkait pelayanan dapat disampaikan melalui:

1.         Media tatap muka/langsung.

2.         Media internet, dengan alamat email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. .

 

H.        SARANA DAN PRASARANA DAN/ ATAU FASILITAS

Laboratorium dengan peralatan yang modern dan sudah dikalibrasi secara berkala.

 

I.           KOMPETENSI PELAKSANA

1.       Peneliti/Teknisi lulusan S1 Biologi/ Kimia.

2.       Analis yang berpengalaman dibidang teknis pengujian.

3.       Teknisi yang dapat mengoperasikan komputer.

 

J.           PENGAWASAN INTERNAL

Manajemen Pusat Penelitian Biologi sudah menetapkan standar pengawasan internal secara berkala melalui audit internal dan kaji ulang manajemen sesuai SNI ISO IEC 17025:2008.

 

K.         JUMLAH PELAKSANA

1.      Kepala Pusat Penelitian Biologi   :   1 orang

2.      Kepala Bidang                                     :   3 orang

3.      Peneliti BidangBotani                      : 68 orang

4.      Peneliti BidangZoologi                    : 52 orang

5.      Peneliti BidangMikrobiologi          : 35 orang

6.      Petugas PNBP                                    :   3 orang

 

L.          JAMINAN PELAYANAN

1.       Puslit Biologi memberikan kepastian layanan yang diberikan sesuai dengan waktu dan kualitas yang sudah dijanjikan.

2.       Apabila layanan tidak sesuai dengan apa yang dijanjikan maka biaya layanandikembalikan dan pemberi layanan akan mendapatkan souvenir.

 

M.       JAMINAN KEAMANAN DAN KESELAMATAN PELAYANAN

1.       Hasil analisis atau pengujian menjadi hak milik pemohon.

2.       Hasil analisis atau pengujian tidak akan dipublikasikan tanpa seizin pemohon.

 

N.        EVALUASI KINERJA PELAKSANA

1.       Khusus untuk pelayanan yang dilaksanakan di laborarium terakreditasi, pelayanan ini dievalusi secara berkala melalui audit internal dan kaji ulang manajemen sesuai SNI ISO IEC 17025:2008.

2.       Menyebarkan kuesioner kepada pelanggan untuk mengetahui kepuasan pelanggan dan perbaikan pelayanan yang harus dilakukan.

 

 

KEPALA PUSAT PENELITIAN BIOLOGI

                                                   

WITJAKSONO

Alamat

Pusat Penelitian Biologi-LIPI
Cibinong Science Center, Jl. Raya Jakarta-Bogor, Km.46
Cibinong 16911, Bogor-Indonesia
Phone: +62(0)1-87907604/87907636 , Fax : +62(0)21-87907612 This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Info Kegiatan

Get Socials

© 2009-2015 by GPIUTMD

Scroll to top